Pelajari Langkah dan Tips Sukses UTBK

Masuk kuliah menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh para murid di Sekolah Menengah Atas. Saat ini, banyak cara yang harus dilalui untuk masuk ke perguruan tinggi, terutama negeri untuk para murid SMA. Anda harus melalui serangkaian Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK untuk mendapatkan nilai yang akan didaftarkan pada seleksi.

Jika Anda belum paham betul bagaimana detail dari UTBK ini, maka simak beberapa langkah yang akan dibahas di sini soal UTBK hingga SBMPTN yang wajib dilalui oleh para peserta. Setidaknya, Anda akan mendapatkan gambaran tentang rentetan seleksi yang akan dilalui.

Langkah-Langkah UTBK

1. Daftar SBMPTN

langkah utbk - daftar sbmptn

Yang pertama alias langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran yang ada di situs resmi SBMPTN. Anda bisa mendaftarkan diri dan mengisi berbagai formulir yang ada. Untuk biaya, kemungkinan besar nominal pendaftaran pun tak jauh berbeda, yaitu sekitar Rp200.000. Dana yang satu itu pun harus selesai dibayarkan sebelum Anda ikut ujian.

Syarat yang paling penting dalam pendaftaran SBMPTN adalah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk Anda yang baru lulus. Namun, untuk kelulusan sebelumnya harus sudah mempunyai surat ijazah.

2. Kerjakan Beberapa Jenis UTBK

Saat Anda mengikuti UTBK, maka akan dihadapkan pada umumnya ada dua hingga tiga soal yang harus dihadapi. Dua jenis soal yang dimaksud adalah Tes Potensi Skolastik atau TPS dan Tes Kompetensi Akademik alias TKA.

Jika Anda belum tahu, TPS ini akan berisi tentang semua soal yang bahas tentang kemampuan dan pengetahuan yang ada di bidang ilmu. Kemudian, di dalam TPA sendiri akan lebih banyak bahas tentang pengetahuan dan penguasaan materi mulai dari sains, teknologi dan sosial humaniora.

Jika pilih jurusan atau program studi tentang kesenian dan olahraga, maka bisa saja Anda akan berjumpa dengan tes fisik atau tes bakat lainnya yang akan menambah nilai. Anda harus pertimbangkan baik-baik soal tes yang satu ini untuk menyempurnakan nilai UTBK.

3. Tunggu Hasil

langkah utbk - mengunggu hasil sbmptn

Setelah pelaksanaan SBMPTN, maka Anda akan diberitahu soal nilai hasil UTBK SBMPTN. Hal ini sangat beda dengan SBMPTN periode yang sebelumnya, di mana nilai ujian tak akan diberitahu sesaat setelah ujian, jadi menunggu waktu yang lama.

Bila tak puas dengan nilai UTBK, maka Anda boleh mengulang ujian sekali lagi. Usahakan, saat Anda mengulang ujian ini, sudah belajar secara maksimal. Memang akan ada kesempatan, namun Anda hanya akan bisa mengulang satu kali saja. Pastikan Anda menggunakan kesempatan sebaik mungkin.

Nilai UTBK akan jadi salah satu patokan utama apakah bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang Anda impikan. Anda harus selalu mencari tahu soal standar setiap Perguruan Tinggi Negeri dan nilai yang harus dicapai.

Tips-Tips Mengikuti UTBK

1. Belajar Online

Tips-Tips Mengikuti UTBK - belajar online

Saat ini, Anda tak hanya bisa belajar melalui buku pelajaran saja, namun juga bisa menghadapi TPS dan TPA yang diadakan di UTBK SBMPTN. Banyak soal yang bisa dikerjakan melalui online. Saat ini banyak sekali yang menghadirkan pelajaran melalui video ataupun aplikasi online. Tentunya hal tersebut sudah dibuat materi terkait yang bisa muncul dalam soal TPS dan TPA.

Biasanya, di sini akan dijelaskan berbagai materi yang cukup mudah dipahami. Hal ini lantaran biasanya menghadirkan tutor yang ciamik dan kece. Anda pun bisa memiliki pengalaman belajar yang cepat dan maksimal.

Asalkan ada gadget serta kuota internet, maka Anda bisa belajar kapan saja dan di mana saja di mall, cafe, sekolah, ataupun di rumah.

Baca Juga:

2. Siapkan Fisik

Tips-Tips Mengikuti UTBK - siapkan fisik

Pelaksanaan UTBK ini harus membuat Anda betah di depan layar komputer. Anda harus bisa tahan selama ujian dilaksanakan. Maka dari itu, Anda pun harus siapkan mental dan fisik kesehatan agar dapat mengerjakan tiap soal dengan baik dan bisa maksimal.

Yang pertama, Anda bisa jaga mata agar tak terlalu lelah dan tetap kuat melihat layar komputer. Jangan lupa, Anda harus selalu tidur tepat waktu dan tak memaksakan diri saat harus belajar. Jagalah kesehatan, jadi saat ikut ujian Anda berada di kondisi yang paling sehat dan segar.

Konsumsi vitamin dan suplemen juga bisa menjadi salah satu hal yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak lupa, Anda harus kurangi kegiatan yang sekiranya bisa saja menguras tenaga dan ganggu kesehatan, khususnya kesehatan bagian mata.

3. Kerjakan Perlahan

Tips-Tips Mengikuti UTBK - kerjakan perlahan

Meski UTBK SBMPTN memiliki batas waktu pengerjaan, kalau bisa Anda jangan kerjakan soal dengan terburu-buru. Pastikan setiap jawaban yang Anda cantumkan memang sudah benar dan sudah dipikirkan dengan baik. Apalagi, tipe soal yang dihadirkan pun tentu membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam menjawab.

4. Fokus Dulu dengan Materi yang Diketahui

Tips-Tips Mengikuti UTBK - fokus dengan materi yang mudah

Anda bisa memulai fokus kepada materi TPS alias Tes Potensi Skolastik terlebih dahulu karena jadi materi yang paling mudah dipahami. Hal ini bisa Anda pelajari jauh sebelum mempelajari materi-materi jurusan untuk Tes Kemampuan Akademik. Hal ini karena TPS memiliki potensi yang besar dalam membantu, bahkan mendongkrak jumlah nilai akhir UTBK.

5. Kenali dan Pahami Konsep Materi Jurusan

Tips-Tips Mengikuti UTBK - kenali dan pahami konsep

Dalam masing-masing pelajaran, mungkin Anda memiliki konsep dasar untuk memahami teori. Jadi misalnya pada pelajaran Ekonomi ada materi yang perlu dikuasai, maka di UTBK paling penting Anda bisa belajar soal Teori Pengantar atau soal Konsep Dasar Ekonomi, dan yang lainnya. Di UTBK hanya ada bagian tertentu saja yang akan dimasukkan di dalam ujian tersebut, bukan seutuhnya soal Ekonomi.

6. Latihan dan Pelajari Variasi Soal

Tips-Tips Mengikuti UTBK - latihan dan pelajari soal utbk

Anda pun perlu untuk mengenali soal latihan UTBK. Saat Anda semakin banyak kenal dengan latihan soal UTBK, maka semakin familiar pula dengan variasi soal. Anda pun tak harus buru-buru dalam menjawab soal tersebut, yang penting pahami dan amati tiap soal. Baru selanjutnya Anda harus kerjakan juga sebagai latihan. Lebih baik jika Anda melatihnya dan memberi target waktu yang tepat.

7. Latihan Soal dengan Tahapan dan Terjadwal

Tips-Tips Mengikuti UTBK - latihan soal dan tekun

Seperti kutipan di atas, Anda bisa mengerjakan soal sebagai latihan dan tentukan dalam pekan pertama harus tuntas pelajari apa. Kemudian, harus sudah menguasai apa di pekan kedua, dan seterusnya. Anda pun bisa memberikan target telah mengerjakan dengan benar di pekan ke berapa dan lain sebagainya. Setidaknya Anda harus disiplin dengan aturan yang Anda buat sendiri.

8. Latihan Try Out

Tips-Tips Mengikuti UTBK - latihan try out

Mengerjakan UTBK bisa dibilang bukan hal yang mudah dalam membiasakan diri mengerjakan latihan yang ada di komputer atau laptop. Anda pun bisa atur waktu yang sesuai dengan ujian nanti. Banyak saat ini bertebaran contoh try out online jika Anda ingin mencoba.

Banyak latihan memang jadi salah satu hal yang harus dilakukan jelang UTBK. Anda pun perlu perhatikan dengan baik aturan maupun langkah yang tepat dalam mengikuti ujian yang satu ini dengan baik dan benar.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.