Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah

Kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan ilmu sejarah (sejarah murni). Lulusan ilmu sejarah memiliki kompetensi diantaranya mampu mengimplementasikan langkah-langkah metode sejarah, mampu melakukan analisis perkembangan historiografi, menganalisis fakta-fakta sejarah menjadi suatu karya tulis, hingga mampu menganalisis perkembangan sejarah Indonesia dalam berbagai bidang (ekonomi, politik, agama, Pendidikan, dll) di periode tertentu dan kompetensi-kompetensi lainnya.

Sejatinya Indonesia yang kaya akan budaya peninggalan masa lampau dan termasuk bangsa yang memiliki peradaban tinggi, masih banyak fakta-fakta sejarah yang belum terungkap dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Peluang kerja untuk lulusan ini tidak hanya terbatas pada ruang lingkup peneliti dan pengajar saja, namun ada cukup banyak bidang pekerjaan yang bisa lulusan ini masuki.  berikut prospek kerja jurusan ilmu sejarah

Penulis

Menjadi seorang penulis bisa menjadi pilihan karier untuk lulusan ilmu sejarah. Pada dasarnya seorang lulusan ilmu sejarah merupakan peneliti dan penulis sejarah. Hasil penelitian dan tulisan mereka difungsikan untuk bidang akademis. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa seorang lulusan sejarah mengembangkan tulisannya dengan tujuan untuk dinikmati oleh masyarakat umum dalam bentuk buku misalnya. Sebuah novel bertema sejarah, hingga biografi tokoh ternama merupakan beberapa karya yang bersifat profitable untuk penulisnya.

Bidang Media

Profesi ini masih berkaitan dengan profesi penulis. Berbagai topik informasi pada media, termasuk mengenai sejarah peristiwa dimasa lampau selalu menarik untuk diulas. Sebagai lulusan ilmu sejarah yang berkompeten mengenai hal tersebut, menjadi bagian dari contributor untuk media layak dipertimbangkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadi editor, hingga penulis naskah suatu karya film yang bertema sejarah.

Peneliti

Seorang peneliti sejarah bisa bekerja di lembaga-lembaga akademis, pemerintah, ataupun swasta. Penelitian sejarah merupakan proses mengkaji yang dilakukan secara sistematis suatu peristiwa atau kejadian di masa lampau dalam rangka mendapatkan pengetahuan, pemahaman fakta-fakta sejarah secara mendalam serta makna dari peristiwa tersebut.

Berkarier di Museum

Profesi terkait museum diantaranya adalah pemandu museum, staff museum, hingga kepala museum. Seorang pemandu museum bertugas untuk memberikan bimbingan, penjelasan, petunjuk mengenai berbagai koleksi museum serta pelayanan lainnya. Sementara staff museum melakukan pekerjaan yang beragam sesuai dengan bagiannya (administrasi, operasional, keuangan ,dll) sedangkan kepala museum bertugas sebagi penanggung jawab museum.

Tenaga Pengajar

Berkarier sebagai dosen bisa menjadi pilihan untuk para lulusan ilmu sejarah. sebagai dosen tentunya selain mengajar, harus aktif dalam kegiatan penelitian.

Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah yang ruang lingkup pekerjaannya berhubungan dengan sejarah adalah Balai Konservasi Cagar Budaya yang bernaung pada kemendikbud. Balai konservasi cagar budaya ini juga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan karier untuk lulusan ilmu sejarah. Berbekal dengan kompetensi yang dimiliki, bekerja di instansi pemerintah merupakan peluang kerja yang menjanjkan.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan ilmu sejarah, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *