Jurusan Ilmu Perpustakaan

Pada kesempatan kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai jurusan ilmu perpustakaan. Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar tentang jurusan ilmu perpustakaan? Jurusan yang juga disebut ilmu informasi ini merupakan bidang interdisipliner yang merupakan integrasi antara ilmu manajemen, teknologi informasi dan ilmu terapan lainnya yang bertujuan untuk mempelajari topik yang berkaitan dengan perpustakaan. Dalam hal ini perpustakaan yang menjadi objek kajiannya.

Perpustakaan bukan hanya sebagai tempat untuk membaca, namun juga pusat informasi. Meskipun saat ini perkembangan internet telah menyediakan banyak informasi, namun peran perpustakaan belum tergantikan.

Jurusan ini akan melahirkan pustakawan yang tidak hanya ahli pada bidang perpustakaan, namu juga memiliki kompetensi untuk mengelola dan mengorganisasi sumber informasi sesuai dengan perkembangan teknologi.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan?

Pada jurusan ini secara garis besar mahasiswa akan belajar mengenai berbagai mata kuliah yang akan menunjang kompetensi dalam hal pengumpulan, pengorganisasian, pengarsipan dan penyebarluasan sumber informasi yang berada dalam ruang lingkup perpustakaan.

Selai itu, Kalian juga akan belajar manajemen perpustakaan, mulai dari aktivitas teknis di perpustakaan, penerapan dan implementasi teknologi informasi di perpustakaan, hingga pengembangan suatu perpustakaan.

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan secara umum antara lain: manajemen perpustakaan, katalogisasi, pengantar ilmu perpustakaan, kominikasi informasi, ilmu dokumentasi, pengantar ilmu informasi, administrasi arsip, aplikasi teknologi pengelolaan informasi dan masih banyak lainnya.

Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan ilmu perpustakaan dengan akreditasi A dari BAN PT

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Airlangga
  • UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Untuk prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan bisa dilhat disini

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *