Jurusan Ekonomi Islam

Pada kesempatan kali ini seputarkuliah.com akan mengulas mengenai jurusan ekonomi islam. pada beberapa universitas ada juga yang menyebutnya dengan jurusan ekonomi Syariah. Jurusan yang berada pada fakultas ekonomi ini termasuk jurusan yang berkembang dengan pesat di Indonesia, seiring dengan berkembangnya sistem ekonomi Syariah di Indonesia maupun dunia.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ekonomi islam?

Pada jurusan ini akan belajar mengenai ekonomi dengan pendekatan yang lebih komprehensif baik secara konvensional maupun Syariah. Hal tersebut bertujuan untuk membandingkan perbedaan antara konsep ekonomi konvensional dengan Syariah.

Mahasiswa juga akan belajar mengenai segala aspek dalam kegiatan perekonomian, mulai dari hutang-piutang, simpan-pinjam, dan lain-lain dalam perspektif  islam. Selain itu kalian juga akan belajar mengenai kebijakan ekonomi, pengelolaan Lembaga keuangan Syariah, hingga bisnis dalam kacamata  islam/Syariah.

Baca Juga:

Mata kuliah yang akan dipelajari secara umum antara lain: filosofi ekonomi Syariah, prinsip dasar hukum islam, mikroekonomi dan makroekonomi Syariah, akuntansi Syariah,fiqh muamalah,Ushul fiqh, ekonomi zakat, infaq, shadaqoh dan wakaf, manajemen risiko Lembaga keuangan islam, teori keuanagn dan investasi Syariah, dan masih banyak lagi.

Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan ekonomi islam dengan akreditasi A dari BAN PT

  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Islam Medan
  • Institut Agama Islam Negeri Palopo

Untuk prospek kerja jurusan ekonomi islam bisa dilihat disini

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.