Demotivasi? Lekaslah pergi!

Seputarkuliah.com Pernah mendengar istilah tersebut? Biasanya, istilah ini dikenal sebagai penurunan motivasi pada seseorang, dari yang biasanya kita melakukan segala hal dengan rajin, tiba-tiba semangat itu mulai menurun. Pastinya, nggak enak dong jika terus menerus mengalami hal tersebut? Karena akan berdampak pada performance dan hasil yang akan kita dapat. Demotivasi dapat terjadi ketika tugas yang harus kita kerjakan cukup banyak, deadlinenya hampir bersamaan, atau melakukan kegiatan membosankan secara berulang-ulang. Atau berada dilingkungan yang kebanyakan sedang mengalami demotivasi? Atau sedang berada disituasi yang tidak nyaman dan merasa sendirian?. Sebenarnya, penyebabnya cukup banyak, dan tidak semua orang dapat keluar dari ke-demot-an ini, oleh karena itu ada beberapa cara yang mungkin dapat kalian terapkan jika sedang demotivasi. So, Berikut ada beberapa tips asyik untuk mengatasi demotivasi ini, simak yuk! Biar kita bisa lekas keluar dari keadaan yang sangat tidak menyenangkan ini:

1. Tujuan!

Disaat kita mengalami demotivasi, kita tentunya merasa semua yang kita kerjakan tidak akan menimbulkan apa-apa, atau justru akan berdampak negatif. Untuk mengatasi hal itu, kembalilah ingat tujuanmu, apa yang ingin kamu raih di masa datang, apa saja yang telah kamu kerjakan, lihatlah dirimu!. Demotivasi ini tidak akan membuat tujuanmu akan tercapai. Sehingga, menuliskan tujuan apa saja yang ingin kamu raih, merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi demotivasi.

 

2. Belajarlah untuk mencintai dirimu.

Dengan mencintai dirimu, kalian pastinya tidak akan merasa demotivasi. Biasanya, jika kalian merasa demotivasi, kalian cenderung kecewa pada diri kalian sendiri. Cara mencintai diri sendiri, bisa dengan membuat tulisan penyemangat pada kertas memo, melakukan kegiatan apapun yang kalian suka, dan buatlah dirimu nyaman, janganlah berlarut dengan ke-demot-an kalian. Ya, dengan melakukan me-time, mungkin saja demot akan pergi segera dari dirimu.

Baca juga: Pengalaman Hidup “Let’s Be a Different and Great One”

3. Tugasmu banyak? Deadlinenya barengan? Susunlah strategi!

Demotivasi dapat terjadi jika tugas kalian banyak, dan deadlinenya bisa saja pada hari atau jam yang sama. Kita tentunya cenderung panik! Walaupun nampaknya seolah tidak ada apa-apa, dengan bermalas-malasan akan membuat dirimu akan terus berada di dalam keadaan demotivasi. Cara yang tepat untuk mengatasi hal ini dengan susunlah to-do-list berikut dengan tugas dan deadline-nya, kemudian buatlah skala prioritas untuk mengerjakan tugas yang mana dahulu, (jika tugas tersebut bisa dibilang ‘rutin’, janganlah gunakan sistem sks dalam pengerjaannya) dan satu hal penting yaitu, tidak mengerjakan tugas secara bersamaan kalaupun kalian seorang multi-tasker mungkin tidak akan jadi masalah, serta tidak menggunakan kebut semalam, karena akan membuat dirimu lelah. Cara lainnya bisa juga menggunakan sistem cicil, untuk mengurangi beban dari tugas yang sedang kamu hadapi.

4. Bermain dengan teman-teman yang sedang on-fire

Lingkungan menjadi salah satu faktor penentu yang membuat dirimu demotivasi, biasanya dengan berada di sekitar teman-temanmu demotivasi, kalian akan ‘ikutan’ demotivasi. Nah, caranya cukup mudah dengan melihat teman-temanmu yang sedang bersemangat atau on-fire, karena dialah yang membuatmu menjadi bersemangat pula. Atau berhentilah sejenak untuk memikirkan sesuatu hal yang membuatmu demot, dan berbagilah kesukaan serta tawa bersama teman-temanmu. Mungkin akan membuat moodmu akan kembali membaik.

Baca juga: Menjadi Mahasiswa Paruh Waktu.

5. Bersyukurlah dengan apa yang sudah kalian miliki

Bersyukur, membuat kalian melihat diri kalian lebih beruntung dibandingkan orang lain. Karena tidak semua orang mendapatkan sesuatu seperti dirimu. Posisi di organisasi, tempatmu berkuliah, jurusan yang sedang kalian jalani, fasilitas yang kamu miliki, memiliki teman-teman, masihkah membuatmu cukup demot? dengan keberadaan semua hal tersebut. Bosan, lagi lagi menjadi alasannya. Kembali lagi, pada cara nomor satu, ya, ingatlah tujuan yang harus kalian capai, dengan mengingat hal tersebut kalian mungkin seharusnya merasa bersyukur dengan apa yang sudah kalian miliki. Jangan lupa tetaplah bersemangat!. Yakinlah pada dirimu, lihatlah apa saja yang kalian miliki dan apa yang telah kalian raih. Yakin? Masih demot?.

6. Capek? Berhentilah sejenak dari rutinitas yang sedang kalian jalani

Jika mengalami hal seperti ini, tentunya itu tanda-tanda kalian harus berhenti sejenak dari rutinitas tersebut, kalian membutuhkan udara segar, untuk kembali menyegarkan pikiran. Pergilah berekreasi, tidak perlu ke tempat yang jauh. Pergilah ke tempat yang membuatmu nyaman, atau alihkan pada kegiatan lain!, misalnya saja menonton film, membaca novel, mendengarkan musik, bersepeda, makan cemilan dan kegiatan lainnya. Jauhkan sementara hal yang membuatmu demot, karena tidak akan menghilangkan demot tersebut.

Baca juga: Menjadi Mahasiswa Produktif.

7. Cerita kepada orang lain mengenai masalah yang sedang kalian hadapi

Cerita, hmmm. Mungkin ini sebuah cara yang dinilai efektif dalam mengatasi demot, karena pasti ada yang hal yang membuat dirimu tidak nyaman dan gak mungkinkah dipendam sendiri. Di dunia ini, kalian hidup tidak sendiri, jadi ceritakanlah kepada orang terdekatmu, bisa itu orang tua, teman, sahabat, pacar mungkin, ya atau siapapun yang dapat kamu percaya, tentunya masalah yang kalian hadapi akan menjadi lebih ringan, karena ada masukan, dukungan, saran atau cara-cara yang membuat masalah kalian segera teratasi. Percayalah, kalian butuh social support, jadi jangan pendam masalahmu sendirian, ceritalah karena pasti ada orang-orang siap mendengarkan serta menyediakan bahunya untuk kalian.

Mungkin, itu ada beberapa cara yang dapat kalian terapkan dikala demotivasi itu datang. Karena hidup cuman sekali kan? Masa iya harus terhalang dengan demotivasi!. Jangan menyerah dan tetaplah bersemangat ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Artikel berjudul “Demotivasi? Lekaslah pergi!” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com).

Ditulis oleh: Alya Djunas.
(Bisa disapa lewat Line: @alyadjunas)

#SeputarKuliah #SeputarkuliahCom

Bagikan:

One thought on “Demotivasi? Lekaslah pergi!

  1. Pingback: 7 KEBIASAAN MANUSIA YANG SANGAT TIDAK EFEKTIF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *