5 Hobi ini Terbukti Buat Kamu Makin Cerdas

Hobi yang kamu sukai bisa mencerminkan kepribadianmu, disamping sebagai sarana relaksasi dan hiburan, ternyata beberapa hobi ini bisa buat kamu makin cerdas.

Olahraga

Kita semua tahu bahwa olahraga secara teratur baik untuk tubuh, namun apakah kamu tahu kalau olahraga secara teratur juga bisa membuatmu makin cerdas?

Peneliti di Dartmouth College menjelaskan, saat olahraga otak akan mengeluarkan brain-derived neurotrophic factor (BDNF) suatu protein yang terkait dengan fungsi kognitif seperti ingatan jangka panjang.

Tidak mesti dengan olahraga berat, jogging, bersepeda, futsal, intinya lakukan aktivitas olahraga yang paling kamu senangi.

Bermain Alat Musik

Musik memang tak bisa lepas dari kehidupan manusia, menikmatinya memang menjadi kesenangan tersendiri. Terlebih lagi jika bisa memainkan alat musik.

Taukah kamu bahwa bermain alat musik mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan prestasi akademik?

Peneliti di Boston Children’s hospital, menjelaskan bahwa anak yang mampu memainkan alat musik menunjukkan peningkatan kinerja pada tingkat kefasihan verbal dan kecepatan memproses informasi.

Bermain Video Games

Sebagian orang menilai bermain game merupakan aktivitas yang buang-buang waktu. namun sebenarnya tidak demikian, dalam beberapa kasus memang bermain video games dengan durasi tertentu dapat melatih otak.

Peneliti di Leiden University mengatakan bahwa bermain video games dapat meningkatkan memori kerja, sistem yang bertanggung jawab terhadap penyimpanan dan pemrosesan informasi baru, selain itu juga meningkatkan kinerja navigasi spasial, dan perencanaan strategis.

Games tersebut antara lain jenis fps, puzzle, ataupun genre strategi serta games yang mengasah otak. Sebaiknya bermain game tidak lebih dari 30 menit dalam sehari.

Belajar Bahasa Baru

Belajar bahasa baru selain bermanfaat ketika sedang travelling juga mampu memperlambat penuaan otak.

Berbicara dalam berbagai bahasa meningkatkan fungsi pengambilan keputusan pada otakartinya pekerjaan yang membutuhkan mental tangguh dan keputusan yang akurat dapat dilakukan dengan lebih baik oleh orang yang menguasai lebih dari satu bahasa.

Belajar bahasa baru memang membutuhkan niat dan usaha yang kuat, untungnya saat ini banyak situs maupun aplikasi smartphone untuk menunjang kebutuhan tersebut.

Membaca

Membaca terbukti mampu memperkaya kosakata dan memperluas pengetahuan. Bacalah apapun, baik itu berita, komik, novel, maupun cerpen agar pikiranmu terisi.

Apakah hobi kamu termasuk dalam lima jenis hobi diatas? So, apapun hobi yang kamu sukai asalkan positif sah-sah saja kamu tekuni.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *