10 Cara Belajar Cerdas Tanpa Harus Begadang Semalaman dan Tetap Menghasilkan Nilai Memuaskan

Belajar keras siang dan malam, jadi penghuni perpustakaan, serta memangkas semua kesenangan mungkin jadi karakteristik yang melekat pada mahasiswa tercerdas dalam kepalamu. Mereka yang berhasil mencatatkan namanya sebagai mahasiswa atau lulusan terbaik memang terkesan belajar keras untuk meraih semua itu.

Akan tetapi, ternyata anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Mereka yang berhasil meraih prestasi gemilang terbukti tidak pernah belajar sekeras yang kita pikirkan. Hal yang mereka lakukan adalah belajar dengan cara cerdas, yang sayangnya tidak diketahui oleh semua orang.

Buat kamu yang punya mimpi menjadi sebaik mereka, berikut ini kamu akan ulas cara-cara belajar yang dimiliki oleh murid-murid terbaik. Mau tau apa saja?

1. Mereka belajar di luas kebiasaan: membaca materi kuliah dari buku bacaan standar bukanlah bagian dari cara mereka meningkatkan kemampuan

Ketika mahasiswa atau siswa lainnya sibuk mencari buku referensi dari perpustakaan atau pinjaman dari kakak angkatan, mereka yang punya otak cerdas justru menggunakan cara lain untuk mendapatkan informasi yang menurutnya diperlukan. Berkelana dari satu perpusatakaan ke perpustakaan lainnya, ikutan kuliah di luar mata kuliah yang seharusnya dia ambil, mengandalkan internet, serta mempelajari seluk-beluk ujian dari soal-soal tahun sebelumnya adalah cara belajar tersembunyi mereka. Mereka tidak hanya belajar dari sumber yang diberi tahu saja, tetapi juga mencari sumber lainnya. Rasa ingin tahu yang besar membuat siswa jenis ini selalu ingin mengeksplorasi berbagai hal yang tidak tersaji di depan mereka.

2. Tidak ada istilah menunggu diberi materi, buat mereka untuk mendapat materi lengkat itu harus dicari sendiri

Sebagian dari kita mungkin mengandalkan bahan ajar dosen sebagai materi belajar. Setelah sesi kuliah, biasanya kita akan langsung meng-copy ke flashdisk dan saat ujian tinggal belajar dari sumber tersebut. Hal berbeda justru dilakukan oleh mereka yang punya nilai mumpuni. Alih-alih belajar dari materi yang sama, mereka justru gencar mencari sumber lainnya. Dengan bantuan internet, mereka berusaha mencari sumber tandingan yang bisa memperkaya khasanah pemikiran. Materi dari dosen hanya dijadikan guide untuk mencari sumber lanjutan yang berhasil membuat mereka mencetak prestasi gemilang. Hal inilah yang menjadikan tugas kuliah dan hasil ujian mereka berakhir dengan nilai mumpuni.

3. Belajar sepanjang malam sampai kelelahan tidak ada dalam kamus. Mereka tahu betul belajar teratur akan menghasilkan kelauaran yang lebih bagus

Kalau kamu berpikir bahwa mereka yang punya prestasi belajar baik akan menghabiskan malam dengan belajar mati-matian, itu tandangan pemahaman kamu salah besar. Bagi mereka, jam belajar tidak ditentukan berdasarkan kuantitas melainkan kualitas. Daripada sibuk menghabiskan satu malam untuk belajar, mereka lebih suka belajar dalam waktu singkat namun kaya akan manfaat. Disaat belajar dalam waktu yang lama, otakmu akan mengalami kelelahan. Rasa lelah tersebutlah yang justru membuat otak tidak bisa diajak bekerjasama secara maksimal.

4. Buku teks mereka tidak dipenuhan coretan stabilo berbagai warna. Murid terbaik lebih senang mencatat ulang apa yang sudah mereka baca

Memberi warna pada bagian buku yang kita anggap penting mungkin adalah cara belajar yang dari dulu kita gunakan karena menganggap dengan cara ini kita bisa lebih mudah mengingat. Ternayta cara belajar ini tidak dianut oleh mereka yang punya indeks prestasi mengagumkan. Mereka justru memilih untuk mencatat ulang materi yang dibaca untuk menguatkan ingatan daripada hanya sekedar memberi tanda pada bagian-bagian dalam buku bacaan.

Baca Juga:

5. Tidak kurang tidur jadi salah satu kunci prestasi. Sepadat apapun materi yang menghadang -menyiksa diri dengan belajar sepanjang malam tidak akan dilakukan

Jika kamu ingin mendapatkan nilai yang baik jangan coba-coba memangkas waktu tidurmu dengan semena-mena. Alasannya adalah karena tubuh yang kelelahan tidak akan bisa diajak bekerjasama secara maksimal. Tidur malam sesuai aturan (7-8 jam) menjadi kewajiban untuk menjaga stamina tubuh berada di level terbaik. Dengan istirahat sesuai aturan, rasa lelah akan digantikan dnegan kekuatan baru yang justru bisa membantu meraih prestasi cemerlang. Beristirahat juga memampukan otakmu tetap berkonsentrasi dengan baik. So, mulai sekarang bagi kamu yang doyan begadang demi belajar, lebih baik kurangi kebiasaan tersebut ya. Mereka yang cerdas saja ngga sebegitunya kok!

6. Murid-murid terbaik memperlakukan sesi bertemu dosen di kelas secara sakral. Mereka tak akan masuk kelas dengan otak kempes karena belum membaca bahan

Siswa-siswa tercerdas tidak akan membiarkan dirinya datang ke kelas dengan otak “kosong” tentang materi kuliah yang hari itu akan dibahas. Satu malam sebelumnya, mereka akan berusaha membaca materi kuliah, memahaminya, serta mencatat hal-hal apa saja yang ingin ditanyakan. Cara belajar ini efektif untuk membuatmu menjadi lebih “nyambung” dengan materi kuliah yang hari itu akan diajarkan. Poin untuk lainnya adalah mereka yang sering bertanya punya kesemaptan untuk dikenal oleh dosen.

7. Nilai baik atau buruk tidak serta merta mereka terima. Segalanya dievaluasi, demi hasil yang lebih baik di kemudian hari

Setelah ujian berakhir dan mendapatkan hasil, kebanyakan dari kita akan melupakan begitu saja lembar ujian tersebut. Padahal dengan mengevaluasi hasil ujian kita bisa mengetahui dimana letak kesalahan serta membantu menemukan jawaban yang lebih tepat. Mengevaluasi jawaban setelah ujian dilakukan adalah cara para siswa cerdas belajar. Melalui cara tersebut mereka jadi tahu secara persis di mana letak kesalahan dan belajar untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

8. Karena sadar tidak semua ilmu didapatkan dari bangku kuliah, mereka juga rajin menari pengalaman di luar tembok kampus

Tidak hanya mengandalkan kegiatan akademik untuk menggali ilmu, mereka yang berstatus sebagai siswa terbaik juga gemar mencari pengalaman baik di level organisasi kampus dan pekerjaan sampingan. Bagi mereka, ilmu yang didapatkan di bangku kuliah tidaklah cukup untuk memuaskan rasa ingin tahu yang sedemikian besar, sehingga tambahan pengetahuan dari luar menajdi begitu esensial untuk dicari dan temukan.

9. Konsisten dengan cara belajar yang telah dibuat adalah salah satu trik tersembunyi yang mereka miliki

Kalau kamu sudah punya formulasi belajar yang dirasa efektif, tetaplah konsisten untuk menjalaninya. Belajar sesekali jelas tidak akan membuatmu pintar seketika. Sama sepertimu, siswa-siswa terbaik pun konsisten dengan jadwal belajar yang mereka miliki. Mereka sadar betul untuk mendapatkan hasil memuaskan diperlukan kerja keras yang terus dijalani. Dengan kerja keras dan sikap konsisten, kesempatan untuk menorehkan prestasi cemerlang adalah semakin mudah diwujudkan.

10. Daripada menggunakan laptop, mereka yang berprestasi baik lebih suka mengandalkan catatan tangan untuk menuliskan materi perkuliahan

Meskipun terdengar sepele, namun penelitian membuktikan bahwa menulis dengan tangan memberi kesemaptan seorang siswa untuk mencerna informasi dengan lebih baik. Ucapan dosen yang dicatat ulang dengan menggunakan tangan juga memiliki peluang besar untuk diingat dengan lebih kuat. Cara belajar ini ternyata banyak diadopsi oleh mereka yang punya nilai akademik baik. Mencatat materi kuliah menggunakan tangan terbukti berkaitan dengan nilai akademik yang didapatkan.

Belajar itu memang perlu, namun yang lebih penting lagi adalah kamu tahu belajar yang efektif dan efisien. Pasalnya, belajar tanpa trik justru bikin kamu sulit mendapat hasil terbaik.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.