Tips Menjadi Mahasiswa Baru

Hallo kalian calon maba (mahasiswa baru) yang sudah diterima di PTN/PTS favorit kalian, yang belum keterima tetap semangat yah coba lagi jalur mandiri universitas favorit kalian yang penting tetap semangat dan pantang menyerah. Ok langsung aja aku akan membagikan tips yang saya dapatkan sejak saya menjadi maba tahun lalu.

1. Ubahlah sikapmu

Ubahlah sikapmu yang masih terbawa dari SMA, kalian itu sudah jadi mahasiswa yang dapat diibaratkan dudukannya lebih tinggi dari siswa menjadi mahasiswa. Misalkan sikap yang harus dirubah adalah sikap kamu yang mungkin di SMA dulu suka bertanya-tanya padahal di info tersebut sudah tercantum lengkap didalam informasi tersebut. Jadi intnya kalau sudah menjadi mahasiswa tanyakan hal penting-penting saja sekiranya yang tidak penting bahkan jika kamu bisa cari tahu sendiri sebainya tidak usah ditanyakan.

2. Ikutilah UKM/HIma

UKM (unit kegiatan mahasiswa)/ Hima (Himpunan mahasiswa atau yang sering disebut organisasi. Ikutilah beberapa organisasi sesuai hobi kamu, dengan mengikuti beberapa ukm/hima kita bisa mendapatkan banyak pengalaman, belajar tanggung jawab, tepat waktu, lebih percaya diri dan selain bisa mengenal teman-teman seangkatan atau mengenal beberapa kating(kaka tingkat) yang mungkin kamu bisa bertanya-tanya tentang mata kuliah yang kamu kurang paham ke kating tersebut.

3. Tepat Waktu

Sebagai seorang mahasiswa kita harus lebih rajin dari sebelumnya seperti datang tepat waktu ke kampus karena tidak semua dosen mengizinkan mahasiswa nya masuk ke kelas mengikuti kuliahnya walaupun kamu terlambat 5 menit bahkan hanya 5 menit, ada beberapa dosen yang masih mentoleransi mahasiswanya untuk mengikuti kuliah tersebut. Tetapi diusahakan jangansampai terlambat karena ada beberapa kampus juga yang absennya menggunakan finger print yang berarti kamu absen/finger 15 menit sebelum jam kuliah dimulai atau 15 menit setelah jam kuliah dimulai. Tergantung masing-masing peraturan masing-masing kampus.

Baca juga : Pendidikan Intelektual atau Pendidikan Karakter..

4. Program Exchange

Baca Juga:

Ikutilah program exchange yang kamps kalian tawarkan dengan begitu kamu bisa merasakan belajar di Negara orang dan sistem belajar kampus negara lain, tapi belajarlah lebih giat terdahulu agar lolos di tes seleksi exchange tersebut karena tes exchange tidaklah mudah jadi belajarlah jika kamu ingin mengikuti exchange tersebut.

5. Beasiswa

Sekarang banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh setiap kampus yang ada, sekali-kali deh meringankan beban orang tua dengan mendaftar beasiswa tersebut, kalau kamu menerima kamu lolos dari seleksi beasiswa tersebut juga kan bisa mengurangi biaya kuliah kamu yang mungkin mahal bahkan bisa saja beasiswa tersebut mengratiskan biaya kuliah kalian.

6. Memotiivasi Diri

Kehidupan kampus dengan SMA dulu jelas berbeda sekali karena kalu di SMA dulu di setiap pelajaran tidak setiap pertemuan guru memberikan PR/Tugas . Tetapi kalau jadi mahasiswa harus siap dan jangan pernah mengeluh gara-gara tugas selalu ada disetiap mata kuliah atau mungkin di setiap pertemuan mata kuliah yang ada. Kalau kamu pengin jadi mahasiswa yang rajin kerjakan saja tugas itu, itu juga nilai tugas sangat membantu nilai kamu yang didapatakan ingin bagus atau tidak, Jika kamu masih mals-malasan mengerjakan tugas kemungkinan kamu bisa mendapatkan nilai D/E dan kalau kamu mau mengulang di semester depan gara-gara nilai kalian yang D/E tersebut. So kerjakan tugas yang selalu dosen berikan itu juga untuk kebaikan kamu sendiri karena lebih sering dan banyak kita berlatih suatu saat hal itu akan menjadi kebiasaan yang akan membawa kamu kedalam impian di masa depan yang ingin kamu capai.

7. Jadi diri sendiri

Jadilah diri sendiri yang mempunyai ciri khas yang orang lain dapat melihatmu karena ke gigihan mu dan karena semangat yang berada dalam dirimu. Yang mungkin orang lain tidak memilikinya, dengan orang lain melihatmu dia juga akan lebih bersemangat lagi menjadi seorang mahasiswa.

Mungkin itu beberapa tips dari aku buat kamu yang akan jadi mahasiswa baru, ingat kuliah itu bukan akhir kamu akan menjadi sukses karena ada beberapa proses kesuksesan yang mungkin sulit dicapai bagi kamu yang tidak bersungguh-sungguh menjalani kuliah selama 4tahun. Jadi jika kamu ingin menjadikan impian mu menjadi kenyataan bekerja keraslah dengan sungguh-sungguh untuk meliat hasil yang sangat memuaskan di kemudian hari, dan kamu bisa membuktikan bahwa kamu juga bisa menjadi seorang sukses dan membanggkan kedua orang tua. Kebahagian orang tua juga kebahagian kita juga.

Artikel berjudul “Tips menjadi mahasiswa baru” ini adalah artikel lomba yang di adakan oleh Redaksi Seputar Kuliah (www.seputarkuliah.com)
Ditulis oleh: Nurul (Id line : nurull.jung)
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.