Artikel

Published on December 18th, 2017 | by Saiful Riza

Seleksi Wawancara Beasiswa? Ini yang Bisa Kamu Persiapkan

Ketika ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, S2 misalnya. Banyak pihak yang menawarkan beasiswa dan hal ini merupakan peluang yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa beasiswa mensyaratkan adanya wawancara untuk mencari kandidat potensial. Tentu saja ketika kamu mendapatkan undangan untuk mengikuti seleksi wawancara beasiswa, persiapan matang perlu kamu lakukan. Pastikan untuk mengetahui dan memahami informasi terkait mengenai jadwal, lokasi wawancara. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum mengikuti seleksi wawancara beasiswa antara lain:

Siapkan Mental

Hal dasar pertama yang perlu diperhatikan adalah persiapan mental. Mental yang kuat penting untuk kelancaran proses seleksi. Kekuatan mental dapat diasah dengan sering-sering melakukan komunikasi dengan orang lain. Secara khusus dengan orang-orang baru. Ketika berhadapan dengan penyeleksi akan terlihat bagaimana pemohon beasiswa ketika menjawab pertanyaan ataupun memberikan pendapat. Orang yang terbiasa berkomunikasi tentu akan berbeda dengan orang yang jarang berkomunikasi dengan orang lain.

Persiapan materi

Pemohon beasiswa wajib mengetahui dan memahami materi yang dalam hal ini adalah terkait dengan bidang studi yang akan diambil melalui beasiswa tersebut. Pertanyaan mengenai konsentrasi bidang studi yang diambil, hingga hubungannya dengan karier di masa depan. Pastikan untuk memberikan jawaban yang meyakinkan agar tim penyeleksi tidak merasa bahwa beasiswa tersebut kurang sesuai dengan bidang studi yang diambil.

Perhatikan penampilan

Mau tidak mau, penampilan adalah hal yang pertama kali dilihat oleh tim penyeleksi. Maka dari itu penting untuk berpakaian rapi dan sopan. Apabila dalam tahapan wawancara ada ketentuan mengenai pakaian tertentu yang harus dipakai atau yang tidak boleh, sebaiknya diikuti.

Penampilan tidak hanya sebatas pakaian yang dikenakan, gerak tubuh dan ekspresi selama mengikuti wawancara juga termasuk. Pastikan untuk selalu tersenyum dan memberikan tatapan tegas pada tim penyeleksi. Perlu diingat, hindari pandangan menunduk terus menerus. Kamu bisa menunjukkan rasa percaya diri melalui kontak mata ketika menjawab pertanyaan.

Berusaha tetap rileks

Perasaan tegang akan mempengaruhi jawaban atas pertanyaan dari tim seleksi. Ketika sudah dipersiapkan dengan matang, jawaban menjadi kacau karena tegang dan akhirnya akan mempengaruhi hasil wawancara.

Bagaimana cara mengatasinya? Masing-masing orang punya cara sendiri untuk mengatasinya. Ada yang dengan membaca buku, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Pastikan kamu mengerti metode yang paling tepat untuk meredakan perasaan tegang tersebut.

Lolos tahapan seleksi wawancara beasiswa bukan hal yang mustahil apabila kamu dengan sungguh-sungguh yakin dengan usaha dan doa. Persiapan harus dilakukan agar hasil maksimal. Jangan menyerah apabila kamu gagal sekali dua kali dalam wawancara beasiswa, karena banyak yang lebih dari itu. mereka yang bangkit dan belajar dari kegagalan-kegagalan akan menjadi pribadi yang tangguh dan sukses.

Bagikan Artikel agar lebih bermanfaat:

Tags: , , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!