Tips Cerdas Mendapatkan Beasiswa

Mendapatkan beasiswa merupakan salah satu dambaan bagi sebagian besar pelajar atau mahasiswa. Selain membantu dalam hal dukungan finansial, beberapa program beasiswa juga ada yang memberikan fasilitas pengembangan softskill, hingga peluang kerja untuk awardeenya.  Lalu bagaimana tips untuk mendapatkan beasiswa? simak pembahasannya disini

  1. Pilih terlebih dahulu beasiswa yang diinginkan

Penting untuk menentukan terlebih dahulu jenis beasiswanya. Tiap jenis beasiswa punya persyaratan yang berbeda. Berdasarkan segi pembiayaannya, terdiri dari beasiswa pemerintah, swasta, internasional, komunitas, organisasi, yayasan dan dari perguruan tinggi. Berdasarkan cakupan, ada beasiswa penuh dan beasiswa parsial. Berdasarkan bentuk pembiayaan, ada beasiswa bantuan, penelitian, penghargaan, non akademik dan ikatan dinas.

  1. Aktif mencari informasi

 

Hal ini pastinya tentu harus kalian lakukan untuk mendapatkan beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Seringkali, banyak mahasiswa yang menyepelekan hal ini, padahal tersedia banyak sekali beasiswa untuk kalian, lho. Bahkan, terkadang kalian gak mengetahui bahwa kalian mencukupi persyaratan untuk mengikutinya.

Caranya cukup mudah yaitu kalian bisa aktif mencari melalui internet atau website, email, ataupun mendatangi langsung ke bagian akademik dari universitas tempat kamu belajar saat ini. Dan bisa juga mengikuti akun-akun di media sosial yang menyediakan informasi menegenai peluang beasiswa.

  1. Tingkatkan Kompentensi Diri

Dalam mendaftar dan seleksi beasiswa, lagi-lagi kamu akan berhadapan dengan dunia uji kompentensi. Maka dari itu kalau kalian ingin mendapatkan beasiswa harus banyak belajar akan hal ini. Kalian perlu menguasai kembali pelajaran-pelajaran umum, soal-soal psikotes, atau bahkan, bagi beberapa beasiswa Jepang, kamu akan disuguhkan soal-soal dasar tes bahasa Jepang. Meksipun terlihat sepele dan jauh dari materi perkuliahan, sebaiknya kalian tetap mempersiapkan hal ini, yaa.

Baca Juga:
  1. Carilah Beasiswa yang Paling Tepat Bagi Kalian

Untuk mendapatkan beasiswa yang cocok kalian perlu memilah-milah mana yang paling cocok untuk kalian, terutama dari segi keterikatan tanggung jawab hingga besaran nominal yang diberikan dari beasiswa tersebut. Jika kalian membutuhkan beasiswa full atau penuh, sebaiknya kalian melakukan penelusuran atau survey terlebih dahulu mengenai beasiswa yang menawarkan biaya penuh dari awal hingga akhir kuliah. Kalian perlu meninjau tanggung jawab kalian kepada lembaga pemberi beasiswa setelah menerima beasiswa tersebut. Jika tanggung jawab yang diwajibkan dirasa memberatkan kalian, maka sebaiknya jangan ambil beasiswa tersebut dan cari yang lebih cocok untuk kalian.

  1. Lakukan hal-hal yang positif sehingga CV kamu semakin banyak terisi perbanyak daftar di CV kamu

Sebelum kalian mencari atau mendaftar beasiswa, sebaiknya kalian perbanyak kegiatan atau organisasi untuk diisi di CV kalian misalnya kalian mengikuti organisasi tertentu sebaiknya bukan hanya sebagai anggota tapi setidaknya kalian sebagai staf disana atau memiliki jabatan. Apabila kalian pernah usaha atau jualan masukin aja. atau mungkin kalian jago dibidang sesuatu misal bisa design, coding, presentasi dan lain-lain. Atau kamu juga bisa memasukkan lomba-lomba yang pernah kamu ikuti.

Jika kalian ingin mendapatkan beasiswa maka hidarilah hal-hal yang tidak berguna atau tidak bermanfaat, lebih baik kalian melakukan kegiatan berguna seperti organisasi kampus atau luar kampus, wirausaha, dan sebagainya. Atau kalian bisa mengasah pelajaran diluar kuliah atau sekolah seperti coding, design, dan sebagainya. Mungkin kamu juga bisa memenangkan lomba. Tapi ingat hal itu juga tidak terlalu mengganggu nilai akademik atau IPK kamu.

  1. Jika mengincar beasiswa luar negeri, maka belajar Bahasa Inggris itu PENTING!

Salah satu hal yang cukup penting dalam mendapatkan beasiswa atau mengejar beasiswa diluar negeri. Memang tidak semua beasiswa di luar negeri itu mengharuskan TOEFL yang bagus. tetapi hampir semua beasiswa di luar negeri setidaknya kamu memiliki TOEFL yang cukup baik. Setidaknya kalian memiliki skor TOEFL sekitar 450-500 dan ketika kalian menemukan beasiswa dan ternyata TOEFL kalian masih kurang maka kalian tinggal belajar bahasa inggris lebih giat lagi.

Memang tidak semua Beasiswa di luar negeri mengharuskan nilai TOEFL yang tinggi tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas beasiswa mengharuskan memiliki TOEFL yang tinggi. Maka dari itu sebaiknya kalian lebih giat lagi belajar bahasa inggrisnya yaa. Tapi jika merasa sudah mentok, kalian bisa mempelajari bahasa lain yang sesuai dengan negara yang memberikan beasiswa tersebut.

Hal yang paling penting adalah, niat mulia kalian mendapatkan beasiswa diiringi dengan usaha serta doa yang maksimal. Selamat berjuang untuk kalian para pemburu beasiswa.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.