Mau Jadi Mahasiswa yang Mandiri Finansial? Ikuti Tips ini

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membentuk pribadi yang mandiri secara finansial. Hal tersebut untuk meringankan beban orang tua dengan tidak menuntut mereka untuk memenuhi semua yang kita inginkan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kita praktekkan untuk mendapatkan uang saku guna menunjang kebutuhan:
Pertama, tanamkan kuat-kuat dalam diri bahwa kita harus bisa hidup mandiri. Hal tersebut yang membuat kita semangat dan mau berusaha bertindak.

Mengajukan beasiswa

Ini adalah cara yang paling mudah. Kita tinggal mengajukan syarat-syarat yang diminta oleh pihak yang menyediakan beasiswa. Namun perlu diingat bahwa harus ada kejujuran menganai tentang apa yang disyaratkan beasiswa dengan kondisi kita saat ini, dalam arti kita tidak boleh memanipulasi data. Hal tersebut merupakan salah satu tips agar bisa lolos mengajukan beasiswa.

Informasi mengenai beasiswa bisa kita dapatkan baik itu melaui website universitas, papan informasi, maupun browsing di Internet, bisa juga meminta informasi ke bagian kemahasiswaan.

Baca Juga:

Bergabung dengan lembaga pembinaan

Banyak lembaga yang menaungi mahasiswa baik yang berskala nasional maupun regional. Lembaga yang sudah terkenal misalnya ETOS dan PPSDMS. Kalian bisa bergabung ke dalamnya, jika lolos dan terpilih, kalian akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Hadiah dari kompetisi lomba

Tentu saja jika mengikuti lomba, kita harus memiliki keahlian khusus diatas rata-rata. Namun tenang saja, asalkan ada niat, usaha dan proses yang jujur, hasil tidak akan menghianati. Manfaat mengikuti kompetisi diantaranya menambah wawasan, mengembangkan kreativitas, menambah jaringan, dan memperoleh pengalaman.

Kalian bisa mengikuti kompetisi menulis artikel disini

Pendapatan dari royalti menulis

Menulis merupakan sarana berbagi yang yang bisa menyebarkan informasi, menginspirasi orang lain dan mengubah cara pandang dan dan tentunya mendapatkan penghasilan. Saat ini media-media online merupakan salah satu tempat yang memiliki peluang besar untuk bisa mendapatkan uang dari tulisan kita.

Mengikuti PKM dan business plan

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diselanggarakan setiap tahunnya oleh Dikti. Ada beberapa bidang yang bisa dipilih ketika ingin mengajukan proposal. Misal ketika mahasiswa mengajukan PKM bidang kewirausahaan, jika didanai maka Dikti akan memberikan sejumlah modal sesuai dengan yang tertera pada proposal. jika  usahanya berhasil, maka mahasiswa tersebut mendapatkan hasil yang berlipat ganda dari modal dan keuntungan usahanya. Selain itu ada juga business plan, dimana kita mengajukan sebuah proposal rencana bisnis, jika menang akan didanai dan mendapatkan penghargaan.

Kerja sambilan

Kuliah sambal kerja bukanlah suatu hal yang mustahil. Banyak sekali pekerjaan yang bisa diambil, msalnya saja menjadi tutor bimbel, part time menjaga toko, pelayan restoran, desainer, penulis freelance, fotografer, ojek online maupun membantu dosen dalam sebuah proyek.

Intinya, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan uang, pastikan cara tersebut tidak mengganggu aktivitas perkuliahan. Demikian tips untuk menjadi mahasiswa yang mendiri secara finansial, silakan dipraktikkan dan buktikan hasilnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.