Daftar Beasiswa S3 Dalam dan Luar Negeri

Strata tiga atau yang biasa disingkat s3, merupakan jenjang pendidikan tertinggi. Para lulusannya akan mendapat gelar sesuai dengan program yang mereka ambil, seperti phD, Prof, Dr, MBA, dan lain-lain. Biaya untuk menempuh jenjang s3 tentu tidak murah, maka dari itu banyak beasiswa s3 tersedia di seluruh dunia, hal ini untuk menunjang mereka yang memiliki semangat tinggi dalam pendidikan.

Daftar Beasiswa S3

Mendapatkan beasiswa untuk jenjang s3 ini tentu tidak mudah, karena pemberi beasiswa tidak ingin memberikan dana kepada orang yang salah. Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan diri dari segala hal untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Mulai dari prestasi akademik, non akademik, kemampuan komunikasi, kemampuan penelitian, serta kemampuan dalam memimpin.

Daftar Penyedia Beasiswa S3

Banyak sekali penyedia beasiswa untuk jenjang s3, di dalam maupun luar negeri. Tentunya dengan kualifikasi tinggi, serta persaingan yang ketat untuk mendapatkannya. Berikut ini daftar beberapa institusi yang menyediakan beasiswa jenjang s3, simak uraiannya:

1. Beasiswa S3 Kementrian Agama

Beasiswa S3 Kementrian Agama

Kali ini kemenag menyediakan beasiswa jenjang s3, untuk kampu dalam negeri. Beasiswa tersebut ditujukan untuk para pns PTKIN, PTKI, dosen, serta PNS yang bekerja di lingkungan direktorat jenderal pendidikan islam. Program ini dinamakan beasiswa 5000 doktor, dimana sebelumnya kemenag selalu memberikan beasiswa untuk s3 di luar negeri.

Dana pendidikan diberikan selama 3 tahun, atau 6 semester mencakup seluruh biaya hidup dan biaya kuliah. Dimana sasaran beasiswa adalah tenaga kerja dosen atau pns, di lingkungan pemerintah kementrian agama. Info lengkap kunjungi website www.5000doktor.diktis.id. Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan umum yang harus dipenuhi:

  1. Pns atau dosen dibawah kemenag
  2. Berusia maksimal 47 tahun
  3. Memiliki ijazah s2
  4. Melampirkan transkrip nilai s2
  5. Lulus seleksi pemberkasan

2. Beasiswa S3 Talent Scounting, Kemenristekdikti

Beasiswa S3 Talent Scounting, Kemenristekdikti

 

Merupakan program pembekalan bagi para dosen di Indonesia, yang ingin melanjutkan studi s3 di luar negeri. Pembekalan tersebut meliputi bimbingan cara mendapatkan perguruan tinggi di luar negeri, serta memberikan kiat-kiat untuk mendapat beasiswa, serta agar sukses menyelesaikan studinya.

Biaya transport dan konsumsi peserta akan ditanggung penyelenggara, selama kegiatan berlangsung yaitu 3 hari. Anda dapat melakukan pendaftaran melalui website beasiswa.ristekdikti.go.id/talentscounting. Jika Anda lulus seleksi administrasi, maka akan langsung mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan. Berikut persyaratan umumnya:

  1. Dosen ptn/pts
  2. Memiliki NIDN (nomor induk dosen nasional)
  3. Toefl 550/ielts 5.5
  4. Belum memiliki gelar doktor
  5. Memiliki draft proposal
  6. Mendapat izin dari pimpinan kampus
  7. Bersedia mengikuti program selama 3 hari

3. Beasiswa LPDP

 

Merupakan beasiswa unggulan, karena hanya menerima mahasiswa yang berhasil lulus masuk perguruan tinggi peringkat utama dunia. Hanya ada sekitar 12 perguruan tinggi, maka dari itu beasiswa ini lebih prestisius. Syarat utama, pelamar harus memiliki letter of admission/acceptance unconditional di perguruan tinggi luar negeri yang dituju.

Pelamar bisa mengajukan beasiswa untuk jenjang s2 atau s3, seluruh biaya hidup dan pendidikan selama kuliah akan ditanggung pemerintah. Khusus doktoral, Anda akan mendapat biaya tunjangan keluarga. Karena proses seleksinya tidak mudah, maka dana yang diberikan juga tidak sedikit. Anda bisa mengakses informasinya di beasiswa lpdp.kemenkeu.go.id.

Berikut ini perguruan tinggi peringkat utama dunia, diantaranya:

  1. California Institute of Technology (Caltech)
  2. Princeton University
  3. Columbia University
  4. Stanford University
  5. University of Oxford
  6. Cornell University
  7. Harvard University
  8. Hopkins University
  9. Massachusetts Institute Technology
  10. Cambridge University
  11. Yale University
  12. ETH Zurich – Swiss Federal Institute Technology

4. Beasiswa S3 Nanyang Technological University, Singapura

 

 

 

NTU menyediakan beasiswa jenjang s3, untuk program phD. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa nasional, maupun international. Maka dari itu, ada kesempatan emas bagi Anda warga Indonesia yang ingin melanjutkan studi s3. Jika mendapat beasiswa ini, Anda akan mendapat tunjangan biaya hidup dan biaya kuliah disana. berikut ini persyaratan umumnya:

  1. Pelamar memegang gelar honours
  2. menguasai bahasa Inggris (toefl/ielts)
  3. mengikuti alur pendaftaran di website admissions.edu.sg

5. Beasiswa S3 ITB

 

Merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia, kini ITB membuka beasiswa untuk jenjang s3 di fakultas bisnis dan manajemen. Program doctor of science in management scholarship, diperuntukan bagi mahasiswa pascasarjana Indonesia dan luar negeri, dengan kursi sebanyak 3 orang saja.

Biaya yang diberikan sekitar 150 juta, selama 3 tahun atau 6 semester. Dengan biaya hidup perbulan sebesar 2.5 juta, disediakan juga ruang kerja di kampus untuk menunjang kegiatan penelitian. Info lebih lanjut lihat website usm.itb.ac.id/oreg, berikut beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi:

  1. Lulus s2
  2. Minimal Skor TPA Bappenas 550
  3. Toefl 550/ielts 6.5
  4. Melengkapi formulir
  5. Mengikuti wawancara
  6. Bersedia mengajar mahasiswa s1
  7. Bersedia mempertahankan ip 3.5
  8. Beasiswa Eiffel, Perancis

6. Beasiswa S3 Eiffel Excellence Scholarship Programme

 

Pemerintahan Perancis dan kementrian luar negeri, memberikan beasiswa pascasarjana untuk mahasiswa internasional. Eiffel Excellence Scholarship Programme, menyediakan beasiswa untuk program master dan phD. Program ini juga menerima mahasiswa yang melanjutkan studi master’s degree program, engineering, dan Joint-doctoral.

Adapun bidang studi yang disediakan dalam program beasiswa ini yaitu ekonomi, manajemen, hukum, teknik, sains, politik, matematika, fisika, kimia, dan lain-lain. Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website www.campusfrance.org, lalu cari opsi program beasiswa eiffel. Berikut beberapa persyaratan umumnya:

  1. Bukan warga negara Perancis
  2. Maksimal usia 30 tahun
  3. Telah diterima di perguruan tinggi Perancis terlebih dahulu
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari Perancis
  5. Memenuhi syarat dalam kemampuan berbahasa
  6. Beasiswa S3 Kemenristekdikti

Melalui direktur jendral sumber daya iptek dan dikti, beasiswa pendidikan pascasarjana luar negeri (BPP-LN) kini dibuka kembali. Beasiswa ini ditujukan bagi para dosen ptn maupun pts, untuk memperoleh gelar doktoral s3. Beasiwa diberikan selama masa perkuliahan 3 tahun, dan dapat diperpanjang maksimal 2 semester.

Bagi dosen yang berhasil mendapat beasiswa ini, seluruh biaya kuliah dan biaya hidup akan ditanggung pemerintah. Seperti biaya kedatangan, biaya buku, uang semesteran, biaya penyusunan tugas akhir, serta biaya pendaftaran kuliah. Anda bisa mengunjungi website sumberdaya.ristekdikti.go.id, dan mencari menu beasiswa untuk info lebih lanjut.

Persyaratan umum:

  1. Dosen yang memiliki NIDN atau NIDK
  2. Memiliki izin dan rekomendasi dari kampus
  3. Toefl 550, ielts 6,5
  4. Melampirkan setifikat penguasaan bahasa asing

Untuk mendapatkan beasiswa s3 memang tidak mudah, diperlukan keseriusan dalam proses meraihnya. Maka dari itu, persiapkanlah dari sekarang jika Anda berminat. Jangan sampai ketinggalan informasi, karena pendidikan tinggi dapat membuat Anda lebih dekat dengan impian. Tanamkan niat yang kuat, untuk menambah semangat motivasi Anda dalam mengejar beasiswa ini.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.