Beasiswa S1 dan D3 dari YVDMI 2018

Program Beasiswa S1 dan D3 dari YVDMI 2018 kembali dibuka untuk tahun akademik 2018-2019. Beasiswa YVDMI yang sebelumnya bernama beasiswa VDMS (Van Deventer-Maas Stichting), setelah terdapat kantor perwakilan VDMS di Indonesia resmi menjadi Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia (YVDMI)

Bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa D3 atau S1 di salah satu perguruan tinggi mitra YVDMI, beasiswa YVDMI 2018 bisa menjadi pilihan. Sasaran dari beasiswa ini merupakan mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu dengan IPK terakhir minimal 3.0.

Ada 35 perguruan tinggi yang menjadi mitra dari beasiswa YVDMI 2018 – 2019 yang tersebar di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah UGM, UNIMED, IPB, USU, UNPAD, UNNES, UNAND, ITB, ITS, UNSRAT, UNAIR, UNDANA, UNHAS, dll. Daftar lengkap perguruan tinggi mitra tertera di website YVDMI.

Cakupan beasiswa tersebut meliputi sejumlah fasilitas, di antaranya adalah dana pendidikan sebesar Rp 650 ribu yang dibayarkan secara langsung ke rekening penerima setiap bulan. Kemudian memperoleh satu kali bonus TOEFL (jika ada) sebesar Rp 381 ribu dan bonus lulus tepat wakut (S1 sebesar Rp 650 ribu dan D3 sebesar Rp 550 ribu).

Selain itu, kandidat terpilih juga akan mendapatkan pelatihan Capacity Building yang melalui proses seleksi – dimana semua biaya pelatihan ditanggung oleh Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia.

Persyaratan: 
1. Mahasiswa S1 tahun ke 1 – 3 dan mahasiswa D3 tahun ke 1 – 2
2. Usia maksimal 27 tahun
3. Berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu (dibuktikan dengan SKTM dan atau Surat rekomendasi dari pihak kampus yang menyatakan kondisi keuangan/kemampuan ekonomi mahasiswa yang bersangkutan)
4. IPK ≥ 3.00
5. Jurusan: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Arsitektur, Seni dan Budaya, Biologi, Kimia, Matematika, Fisika, Komunikasi, Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Bahasa, Manajemen, Kehutanan, Geografi, Kesehatan/Kedokteran, Sejarah, Informatika, Statistik, dll (kecuali Hukum, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Administrasi Negara, Agama, dan Teologi)
6. Aktif berorganisasi atau di komunitas
7. Fasih berbahasa Inggris diutamakan
8. Tidak sedang menerima beasiswa lain

Dokumen aplikasi: 
1. List of required document (Unduh)
2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau Surat rekomendasi dari pihak sekolah atau kampus (yang ditanda-tangani oleh Rektor/Dekan/Kaprodi) yang  menyatakan kondisi ekonomi keluarga.
3. Transkrip akademik atau IPK terbaru (miniminal dengan nilai 3.00)
4. Slip gaji resmi Orang tua atau wali, baik dari institusi pemerintah atau swasta. Apabila kedua orang tua bekerja, maka sl wajib melampirkan  slip gaji keduanya, maksimal 2 (dua) bulan terakhir.
5. Surat keterangan pekerjaan dan penghasilan orang tua/wali (bila wiraswasta), yang disahkan oleh Kelurahan atau Surat pernyataan pekerjaan dan penghasilan yang dibuat dan ditanda-tangani di atas meterai Rp. 6.000,-.
6. Fotokopi KTP, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Keluarga (KK)
7. Fotokopi halaman depan buku tabungan
8. Fotocopi Tagihan listrik atau telepon (maksimal 2 bulan terakhir)
9. Essay tentang diri Anda (keluarga, studi dan kegiatan sosial dan prestasi), mengapa VDMS harus memilih Anda untuk menjadi penerima beasiswa, apa yang Anda harapkan jika terpilih sebagai penerima beasiswa, dan apa yang akan Anda lakukan bagi masyarakat  setelah selesai menerima beasiswa dan lulus kuliah. (Minimal 1.5 halaman A4, Huruf: Times New Roman, ukuran 11, dan spasi 1).

Baca Juga:

Pendaftaran: 
Pastikan terlebih dahulu bahwa perguruan tinggi Anda masuk dalam daftar mitra beasiswa YVDMI 2018. Jika tertera, selanjutnya lakukan beberapa tahapan berikut untuk mengajukan beasiswa.

Pertama, pelamar beasiswa melakukan pendaftaran online di website YVDMI

Masukkan email aktif yang digunakan, selanjutnya melengkapi formulir yang harus diisi secara online tersebut. Setelah selesai, periksa email, apakah Anda mendapatkan balasan pesan berisi undangan untuk melanjutkan ke tahap ke 2. Jika mendapatkan pesan untuk melanjutkan ke tahap kedua, maka akan diberikan link untuk melengkapi formulir kedua.

Hal yang perlu diingat, hanya pelamar yang mendapatkan pesan balasan untuk melanjutkan ke tahap ke 2 yang selanjutnya bisa mengirimkan dokumen aplikasi seperti tertera di atas. Siapkan semua dokumen aplikasi tersebut lalu serahkan kepada penanggung jawab (Person in Charge) beasiswa YVDMI di kampus Anda. Nama penanggung jawab tertera di daftar mitra perguruan tinggi beasiswa YVDMI. Bisa dilihat pada link pendaftaran online.

Nantinya pihak kampus yang akan menyerahkan dokumen aplikasi tersebut ke Kantor Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia di Yogyakarta untuk diseleksi.

Pendaftaran online Beasiswa YVDMI 2018 – 2019 dibuka mulai tanggal 10 Februari – 10 Maret 2018.  Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan paling lambat akhir Juni 2018 melalui email.

Kontak:
Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia
Jl. Purwanggan No.9
Kecamatan Pakualaman
Yogyakarta 55112
Telp : 0274-510406
Fax  : 0274-556549
Email: deventer@cbn.net.id

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.