Beasiswa Dalam Negeri Bantu Wujudkan Mimpimu

Menempuh pendidikan merupakan salah satu jalan untuk meraih mimpi lebih dekat, karena pendidikan merupakan suatu pondasi yang harus dimiliki setiap orang yang bermimpi besar. Namun, seringkali mimpi itu terhambat karena satu dan lain hal. Seperti karena biaya yang terlalu mahal, kali ini kami akan memberikan informasi beasiswa dalam negeri, untuk membantu mewujudukan mimpi Anda.

Mendapatkan beasiswa memang bukan hal yang mudah, diperlukan kesiapan dokumen, mental, hingga prestasi. Serta proses seleksinya yang biasanya cukup panjang, namun bagi Anda yang yakin dan semangat, semua itu pasti dapat Anda lewati dengan sukses. Karena orang yang bermimpi besar, harus memiliki usaha yang besar pula untuk mewujudkannya.

Daftar Beasiswa dalam Negeri untuk Berbagai Jenjang

Indonesia memiliki cukup banyak penyedia beasiswa, yang siap menunjang kebutuhan pendidikan Anda. Penyedia beasiswa tersebut sangat beragam mulai dari pemerintah, perusahaan besar, maupun yayasan. Persyaratan umumnya tidak jauh berbeda, yaitu Anda harus melampirkan beberapa dokumen dan dituntut untuk aktif dalam kegiatan kuliah. Berikut ini daftar beasiswa yang tersedia:

1. Beasiswa Universitas Esa Unggul

Beasiswa Universitas Esa Unggul

Bagi siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan ke s1, universitas esa unggul ini menyediakan beasiswa untuk 3 program studi. Merupakan kampus yang fokus dalam pengembangan kemampuan komunikasi, bisnis, serta teknologi informasi. Terdapat 4 program beasiswa yaitu beasiswa unggulan, prestasi, bidikmisi, dan beasiswa Indonesia Timur (untuk wilayah timur).

Universitas esa unggul bertujuan untuk mencetak lulusan yang kompeten dalam hal berkomunikasi, IT, serta wirausaha. Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan dapat menjaring siswa berprestasi dan membantu siswa yang kurang mampu. Informasi selengkapnya kunjungi website beasiswa.esaunggul.ac.id

Persyaratan umum:

  1. Nilai rapor rata-rata minimal 7.5
  2. Memiliki prestasi akademik atau non akademik
  3. Mengisi formulir pendaftaran
  4. Melampirkan ijazah dan skhun
  5. Melampirkan fotocopy piagam penghargaan

2. Beasiswa Sekolah Tinggi Hukum Jentera, Jakarta Selatan

Beasiswa Sekolah Tinggi Hukum Jentera, Jakarta Selatan

Merupakan beasiswa bagi Anda yang ingin melajutkan studi di bidang hukum, disediakan oleh Yayasan Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (YSHKI). STH Jentera menyediakan beasiswa dengan program studi hukum bisnis, hukum pidana, dan hukum konstitusi. Anda bisa mendapatkan beasiswa penuh 8 semester, dan biaya hidup bagi mahasiswa luar jabodetabek.

Memiliki model belajar yang mengasah keahlian mahasiswanya di bidang hukum, seperti analisis kasus, presentasi kreatif, kunjungan lapangan, international lecture, memberi umpan balik, dan lain-lain. Anda juga berkesempatan magang, yang disalurkan langsung oleh kampus. Informasi lebih lengkap, kunjungi website jentera.ac.id.

Persyaratan umum:

  1. WNI
  2. Nilai rata-rata rapor minimal 7.00
  3. Memiliki sertifikat prestasi akademik atau non akademik
  4. Lolos seleksi wawancara dan administrasi
  5. Membuat essay 500 kata tentang pendidikan hukum
  6. Program Beasiswa Juara

Dalam rangka berpartisipasi untuk mewujudkan generasi muda berbakat, media harian kompas dan avian brands menyediakan program beasiswa juara. Bagi mahasiswa s1 yang berkuliah di ptn maupun pts, memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa ini, karena ada 40 kursi tersedia untuk penerima beasiswa.

Selain memberikan dana pendidikan, beaiswa juara ini juga memiliki program pengolahan softskill dan hardskill. Dimana nanti para penerima beasiswa akan diwajibkan mengikuti workshop, yang dipimpin oleh para profesional. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa mengunjungi website beasiswajuara.kompas.id.

Persyaratan umum:

Baca Juga:
  1. Mahasiswa s1 ptn/pts
  2. Minimal semester 3
  3. Minimal ipk 3.00
  4. Aktif organisasi, dalam kampus maupun luar kampus
  5. Tidak sedang mendapat beasiswa lain
  6. Mampu berkomitmen untuk menyelesaikan studi
  7. Mendaftar di website beasiswajuara.kompas.id
  8. Mengikuti alur pendaftaran sesuai intruksi yang diberikan

4. Beasiswa Kemenristekdikti RI

Beasiswa Kemenristekdikti RI

Kementrian riset, teknologi dan pendidikan tinggi kini menyediakan beasiswa PPA atau peningkatan pretasi akademik. Dibuka untuk mahasiswa d3, d4, dan s1, yang minimal duduk di semester 2. Beasiswa diadakan di hampi seluruh PTN institut, universitas, politeknik, dan akademik. Serta beberapa PTS tertentu, tanyakan ke bagian kemahasiswaan kampus Anda.

Persyaratan umum:

  1. Meruapakan mahasiswa berkuliah di perguruan tinggi yang sudah bekerjasama dengan kemenristekdikti
  2. Data Mahasiswa calon penerima beasiswa terdaftar di PD-Dikti
  3. Mahasiswa aktif, dan tidak sedang cuti
  4. Minimal sudah menempuh semester 2

Beasiswa dihentikan jika:

  1. Telah lulus
  2. Mengundurkan diri
  3. Menerima sanksi akademik
  4. Tidak memenuhi syarat
  5. Memberikan data palsu atau salah
  6. Meninggal dunia

5. Beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi BUMN

Beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi BUMN

Beasiswa yang diasakan oleh APERTI BUMN ini, dapat menunjang biaya pendidikan Anda selama kuliah hingga lulus. Berikut ini beberapa kampus yang memiliki program beasiswa APERTI yaitu STT PLN, Poltekpos, Telkom University, Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia, dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik.

Beberapa perguruan tinggi tersebut, memang mempunyai spesialisasi yang nantinya dapat berkontribusi dalam industri BUMN. Seprti dalam bidang listrik, TI, komunikasi, bisnis industri persemenan, serta bidang energi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjui website beasiswa.apertibumn.id. Berikut persyaratan umum yang harus dipenuhi:

  1. Lulusan SMA/SMK/MA
  2. Melampirkan nilai rapor
  3. Memilih 3 prodi dalam 1 institusi
  4. Melakukan pendaftaran melalui website
  5. Mengirimkan berkas pendaftaran

6. Beasiswa Paragon Scholarship

Beasiswa Paragon Scholarship

Paragon Technology merupakan perusahaan kosmetik besar di Indonesia, salah satu produk terkenalnya yaitu wardah. Bagi Anda yang duduk di bangku perkuliahan semester 3 dan 5, Anda berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini. Namun, pastikan kampus Anda sudah bermitra dengan paragon, karena hanya ada 7 kampus yang sudah bekerjasama.

Terdapat dua program beasiswa, yaitu beasiswa prestasi dan pemberdayaan. Untuk program prestasi, paragon mencari mahasiswa yang berprestasi cemerlang. Mahasiswa semester 5 nantinya akan diberi dana 1 juta perbulan, selama satu tahun. Serta mendapat pelatihan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, maupun skill lain yang mengembangkan diri.

Sedangkan beasiswa pemberdayaan, yaitu untuk mahasiswa semester 3. Dimana para penerima beasiswa nantinya akan mendapat dana 850 ribu perbulannya. 7 kampus yang bermitra dengan paragon yaitu unpad, ugm, undip, ui, itb, ipb, dan ub. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website www.paragon-innovation.com. Berikut ini beberapa syarat umumnya:

  1. Minimal ipk 3.3 untuk semester 5
  2. Minimal ipk 2.8 untuk semester 3
  3. Melampirkan sertifikat prestasi
  4. Menulis essay dengan judul yang sudah dipilih
  5. Tidak sedang menerima beasiswa lain
  6. Melampirkan transkrip nilai
  7. Melampirkan surat keterangan tidak mampu (bagi program pemberdayaan)
  8. Mengisi formulir yang diunduh dari website
  9. Melampirkan slip gaji orangtua (program pemberdayaan)

Program beasiswa dalam negeri ini, umumnya ditujukan untuk mahasiswa berprestasi, dan mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Bagi Anda yang akan melamar beasiswa, penuhilah persyaratan yang ditentukan, dan lampirkan semua dokumen yang diminta. Hal itu bertujuan untuk mempermudah seleksi awal, selanjutnya Anda tinggal mempersiapkan diri untuk seleksi berikutnya.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.