Artikel

Published on December 5th, 2016 | by Admin Seputar Kuliah

Jangan Bangga Kalau Punya IPK Setinggi Langit. Kamu Sudah Punya 7 Skill Jitu ini Belum?

Nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di bangku kuliah ternyata tidak sepenuhnya menjamin kamu bisa sukses setelah lulus kuliah. Kalau cuma berbekal IPK tapi ngga punya skill lain yang mendukung, kamu bakal mudah tenggelam di dunia kerja nanti. Untuk membuat dirimu menonjol, kamu harus punya skill yang berbeda dari orang lain. Apa sajakah itu?

1. Sejak kuliah, kamu sudah mulai punya bisnis kecil-kecilan

Apapun jenis usahanya, namun itu sudah menjadi progress yang bagus. Kamu sudah mulai bertmabah dewasa dan menyadari kalau sudah ngga waktunya untuk bergantung duit orangtua. Dari sinilah, kamu bisa belajar bagaimana rasanya cari duit sendiri. Hal yang paling penting adalah, kamu punya pengalaman berhubungan dengan orang lain dan bisa mengatur keuangan.

2. Jangan belajar saja, tapi ikut banyak komunitas dan organisasi

Kalau di kuliah, jangan sampai temanmu cuma yang berada di kelas saja. Coba ikuti organisasi di kampus atau komunitas di luar kampus. Dengan begini, pikiranmu akan pandangan hidup makin terbuka dan pengalamanmu makin banyak. Enaknya lagi, kamu punya kesempatan untuk memperluas jaringanmu. Ini bakal berguna banget kalau di dunia kerja nanti lho!

3. Asah kelebihan dan keterampilanmu mulai dari sekarang supaya ngga menyesal di akhir

Tuhan sudah kasih kemampuan terbaik yang bisa kita lakukan, namun itu semua nggak akan berguna kalau ngga diasah. Misalnya nih, kau pintar bermain piano, latih terus kemampuanmu itu sebab hal ini akan menjadi sisi kelebihanmu yang jarang dipunyai orang lain. Jika di dunia kerja nanti, kelebihan ini akan menonjol supaya orang lain mau memilihmu untuk bekerja nanti.

4. Jangan minder, kembangkan kemampuan komunikasimu

Kemampuan yang satu ini tidak banyak diajarkan di bangku kuliah. Padahal, perusahaan juga mencari seseorang yang kemampuan komunikasinya baik lho. Perusahaan mencari seseorang yang bisa bersosialisasi dengan baik serta percaya diri dalam bertindak maupun berbicara dengan siapapun. Lebih dari itu, kemampuan untuk berbaur dengan siapapun itu penting, tak peduli asal suku, ras, dan agama.

5. Mampu mengendalikan emosi baik pada diri sendiri, maupun pada orang lain

Nggak cuma pintar dalam pelajaran, namun bisa mengendalikan emosi merupakan salah satu tanda seseorang sudah dewasa. Mengendalikan emosi ini dibagi menjadi emosi personal (diri sendiri) dan interpersonal (luar diri). Nah, untuk menjadi orang sukses, jangan sampai kamu cepat tersulut api dan emosi. Keep calm, guys!

 

Baca Juga ; Ingin Sukses di Usia Muda? Ini Tipsnya

6. Menata hubungan yang baik dengan Sang Pencipta

Sepintar apapun atau secanggih apapun dalam mengelola diri, kamu tidak boleh melupakan hubunganmu dengan Sang Pencipta. Dalam waktu 24 Jam, luangkanlah sedikit waktu dengan Dia sebab tanpa Dia, kamu tidak bisa seperti sekarang. Percayalah ketika dekat dengan Dia, sukses pun semakin dekat.

7. Ketika menghadapi kesulitan, apapun itu, harus tangguh dan jangan putus asa

Terkadanga ada orang yang pintar, namun sekali gagal dia langsung jatuh dan sulit untuk bangkit lagi. Sikap seperti ini jangan dipelihara, ya! Bentuk dirimu menjadi pribadi yang tangguh. Ketika banyak tantangan dan rintangan yang datang, jangan mengeluh. Kalau kata orang, semakin banyak rintangan yang datang, maka kita semakin dekat dengan kesuksesan.

Pintar dalam akademik itu, perlu. Akan tetapi, hal teresbut bukan satu-satunya kunci sukses di dunia. Mulai kembangkan kelebihanmu yang lain. Kalau bisa seimbang, malah lebih bagus lagi.

Sumber: psikologid.com

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!