Ingin Presentasimu Jadi Luar Biasa? Ikuti Tips ini

Presentasi merupakan salah satu cara untuk menyampaikan ide, pesan ataupun hasil kepada orang lain. Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan agar presentasimu dikenang, pertama dari unsur slide atau materi yang ingin disampaikan, dan yang kedua dari sisi presenter yang menyampaikan.

Untuk Slide dan materi yang ingin disampaikan,ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan

Gunakan desain yang sederhana dan mudah diingat

Kesalahan dalam pemilihan desain dan background slide akan mempengaruhi kualitas materi yang disampaikan. Audience akan pun malas dan kurang fokus memperhatikan. kamu bisa bereksperimen dengan konsep flat desain, maupun model slide presentasi bisnis, dijamin slide presentasimu makin keren.

Gunakan jenis font yang tepat

Beranilah berekspresi dengan tipe font light dan bold, kamu bisa gunakan jenis helvetica, bebas, din, ataupun jenis century ghotic untuk font presentasimu. Pemilihan jenis font akan mempengaruhi tingkat efektifitas penyampaian materi.

Jangan terlalu banyak kata dalam satu slide

Ada aturan yang tidak tertulis menyebutkan bahwa untuk efektifitas penyampaian materi, kamu tidak boleh sembarangan menampilkan tulisan secara utuh. Buatlah dalam bentuk poin poin atau kesimpulan. hal ini akan mudah dicerna audience. Usahakan hanya menggunakan maksimal 35 kata saja dalam 1 slide. Ingat slide hanya sebuah tools untuk membantu memvisualisasikan materi.

Baca Juga: 5 Cara mengatur gaji

Hindari jumlah slide yang terlalu banyak

Baca Juga:

memang tidak ada batasan mengenai jumlah slide tiap kali kita presentasi. Dalam presentasi sidang skripsi misal ada beberapa fakultas yang membatasi jumlah slide maksimal sebanyak 20 saja, kenapa? ini ditujukan karena semakin banyak slide, presentasi dinilai kurang efektif.

Setelah membahas mengenai tips desain dan materi lanjut pada aspek presenter

Kamu harus tau siapa audience

Hal ini penting, jangan sampai kamu berikan materi dengan gaya bahasa akademik kepada masyarakat awam, belum tentu mereka paham hal tersebut. Kamu harus pandai dalam menghadapi permasalahan, bersikap luwes merupakan skill wajib seorang presenter.

Gunakan alat bantu, remote pointer misalnya

Alai ini berguna ketika kamu merasa gugup, minimal ada sesuatu yang bisa genggam. Remote pointer terbukti bisa mengurangi perasaan gugup tersebut, karena tanganmu nggak akan kemana mana, cukup dengan digenggam saja. Selain itu kamu juga bisa lebih mudah dan interaktif ketika kamu berfokus pada poin tertentu dalam slide.

Interaktif dengan audience

Jangan menganggap audience mu sebagai patung, sehingga kamu saat presentasi seperti membaca dengan intonasi datar dan tanpa interaksi. Sesekali lontarkan pertanyaan kepada audience. Perhatikan juga kontak mata, jangan terpusat pada satu sisi saja, apabila ruangan presentasi luas. Kamu harus aktif bergerak, namun jangan terlalu banyak gerakan yang bisa menghilangkan fokus audience.

Selipkan Humor

Presentasimu akan terkesan kaku dan hambar apabila tidak bisa membuat audience tertawa, minimal tersenym. selipkan humor yang tidak menghilangkan fokus audience terhadap materi yang disampaikan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktek kan, jadi tidak  ada alasan lagi presentasimu biasa-biasa saja!

 

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.