Daftar Beasiswa S1 Dalam dan Luar Negeri

Dalam dunia perkuliahan, faktor biaya biasanya menjadi penghambat bagi mahasiswa. Maka dari itu, banyak institusi menyediakan beasiswa untuk membantu dan mengembangkan potensi mahasiswa. Di Indonesia sendiri, setiap tahunnya selalu tersedia banyak beasiswa s1 untuk berbagai bidang. Anda tinggal mempersiapkan diri, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa.

daftar beasiswa s1

Biasanya pemberi beasiswa menetapkan ipk minimal 3.00, bagi mahasiswa calon penerima beasiswa. Selain itu, penerima beasiswa juga harus aktif organisasi ataupun kegiatan lain di kampus maupun luar kampus. Intinya, pada pemberi beasiswa ingin mengembangkan mahasiswa yang potensial dan produktif. Hal tersebut sudah menjadi dasar, yang harus diketahui oleh para pemburu beasiswa.

Daftar Beasiswa S1 di Indonesia

Banyak sekali beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa s1 setiap tahunnya, Anda harus cepat dan cermat untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Karena setiap tahunnya akan sangat banyak pendaftar, dan saingan Anda pun bertambah banyak. Berikut ini beberapa daftar institusi penyedia beasiswa, simak penjelasannya dibawah:

1. Beasiswa S1 CIMB Niaga

Beasiswa S1 CIMB Niaga

Sejak tahun 2006, cimb niaga memiliki program #kejarmimpi. Dimana mereka memberikan beasiswa, bagi para mahasiswa yang sedang duduk di semester 5. Cimb niaga berpartisipasi dalam mewujudkan cita-cita anak bangsa melalui program tersebut, seluruh mahasiswa se-Indonesia dapat mengikuti program ini, tanpa kerja sama eksklusif dengan kampus manapun.

Dalam program beasiswa ini, cimb niaga memberikan fasilitas penunjang kuliah selama minimal satu tahun. Fasilitas tersebut berupa uang spp selama 4 semester, serta biaya untuk membuat skripsi. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mendaftar beasiswa cimb niaga:

  1. Mahasiswa semester 5
  2. Maksimal usia 22 tahun
  3. Minimal ipk 3.25
  4. Memiliki sertifikat prestasi (jika ada)
  5. Memiliki sertifikat aktif organisasi
  6. Tidak sedang menerima beasiswa lain

Anda bisa melakukan pendaftaran melalui link www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020, dengan mengisi formulir yang tersedia dan mengikuti alur sesuai petunjuk. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa menghubungi email kejarmimpi.id@gmail.com.

2. Beasiswa S1 Online Scholarship Competition (OSC)

Beasiswa S1 Online Scholarship Competition (OSC)

Merupakan kompetisi online untuk mendapatkan beasiswa, yang ditujukan bagi siswa kelas 12 yang akan melanjutkan ke jenjang s1. Beasiswa ini merupakan kerjasama antara medcom.id bersama beberapa perguruan tinggi, dengan program osc ini calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk melakukan pendaftaran, karena bisa dilakukan secara online.

Beasiswa osc ini akan menanggung uang pangkal mahasiswa 100%, serta akan menunjang biaya hingga 8 semester, syarat dan ketentuan sesuai dengan kebijakan kampus masing-masing. Selain itu, Anda juga akan memperoleh sertifikat. Anda bisa melihat informasi mengenai beasiswa ini, di website osc.medcom.id.

Cara Daftar dan Seleksi Beasiswa S1 OSC:

  1. Isi data diri pada website osc.medcom.id
  2. Anda harus memilih 1 kampus saja
  3. Anda harus memilih 2 program studi
  4. Wajib mengikuti test online
  5. Pengumuman hasil seleksi online dapat dilihat di website osc.medcom.id
  6. Peserta yang lolos test wajib mengikuti seleksi selanjutnya
  7. Mengikuti test offline di tempat yang sudah ditentukan
  8. 420 peserta yang lolos, akan mendapat beasiswa

3. Beasiswa S1 Sarjana Sea

Sea Group merupakan perusahaan startup besar di Asia Tenggara, yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Beasiswa ini tidak hanya diperuntukan untuk mahasiswa baru, mahasiswa tingkat akhir juga bisa mendaftar untuk beasiswa ini.

Beasiswa memberikan banyak tunjangan kepada mahasiswanya, seperti biaya pendidikan selama 4 tahun, biaya hidup bulanan, kesempatan magang di Sea Group, hingga tersedia program pengembangan. Untuk mendaftar beasiswa ini, Anda harus berkuliah di kampus yang sudah bekerjasama dengan Sea Group.

Mitra kampus yang sudah bekerja sama dengan Sea Group diantara lain adalah UI, ITB, UGM, Intitut Teknologi Sepuluh November,  dan Binus University dengan jurusan teknik, ilmu komputer, hukum, keuangan, bisnis, akuntansi, serta kewirausahaan. Kunjungi website idscholarships.seagroup.com untuk informasi selengkapnya.

Syarat mengikuti beasiswa S1 Sarjana Sea yaitu:

  1. WNI
  2. Mengambil jurusan di kampus yang sudah ditentukan
  3. Tidak sedang mendapat beasiswa lain
  4. Mempertahankan IPK minimum 3.5/4.0

4. Beasiswa S1 Yayasan Marga Pembangunan Jaya

Beasiswa S1 Yayasan Marga Pembangunan Jaya

Beasiswa ini disediakan untuk mahasiswa semester 5 dan 7, yang aktif berkuliah di 15 PTN dan PTS mitra yayasan marga pembangunan jaya, ataupun kampus dengan akreditasi minimal B. Sebanyak 200 kursi tersedia untuk penerima beasiswa ini, dimana 50 kursi diperuntukan untuk mahasiswa Bintaro/DKI dan sisanya untuk mahasiswa di daerah lain.

Penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan 6jt, selama satu tahun. Perpanjangan berlaku jika mahasiswa mendapatkan rekomendasi dari kampus, serta memenuhi syarat yang sudah ditentukan.  Informasi lebih lanjut kunjungi website beasiswa.margajaya.org. Berikut beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi ketika mendaftar beasiswa ini:

  1. Melakukan pendaftaran melalui email beasiswa@pembangunanjaya.com sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan
  2. Melampirkan surat keterangan mahasiswa aktif
  3. Melampirkan surat tidak sedang menerima beasiswa lain
  4. Minimal ipk 3.3
  5. Melampirkan fotocopy ktm dan ktp

5. Beasiswa S1 Tugas Akhir Mizan

Beasiswa S1 Tugas Akhir Mizan

Bagi mahasiwa akhir yang sedang melakukan penelitian untuk menyusun tugas akhir, maka Anda berkesempatan mendapat beasiswa dari Miza. Dengan syarat penelitian yang ditulis harus bertemakan keislaman dari berbagai aspek seperti filsafat, sejarah, sains, teknologi, ekonomi, sosial, politik, dan lain-lain.

Anda bisa mengajukan beasiswa ke penerbit Mizan, jika terpilih maka Anda akan diberikan dana untuk melakukan penelitian. Serta hasil penelitiannya berkesempatan untuk diterbitkan oleh Mizan, yang menjadikan tugas akhir Anda semakin berkualitas. Berikut beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi saat mendaftar beasiswa:

  1. WNI
  2. Sedang menggarap tugas akhir
  3. Mengirimkan print out proposal penelitian
  4. Minimal ipk 2.75
  5. Melampirkan surat rekomendasi dari kampus
  6. Cek laman mizan.com untuk langkah selanjutnya

6. Beasiswa S1 PPM School of Management

Beasiswa S1 PPM School of Management

Bagi siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan studi dengan jurusan akutansi, beasiswa PPM ini patut untuk dicoba. PPM School of Management merupakan sekolah yang fokus di bidang manajemen, dan sudah berdiri sangat lama di Indonesia. Dengan adanya beasiswa tersebut, diharapkan akan mencetak generasi yang profesional di bidang ini.

Memiliki dua program studi, yaitu jursan akutansi dan manajemen. Dimana beasiswa untuk s1 akutansi selalu tersedia setiap tahunnya, Anda bisa mencari informasi selengkapnya melalui website ppmschool.ac.id. Berikut ini beberapa syarat umum yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa:

  1. Siswa kelas 12
  2. Mengisi formulir yang tersedia di website PPM school
  3. Mengikuti seleksi yang diselenggarakan
  • Interview
  • Psikotest
  • Matematika
  • Bahasa Inggris (toefl min 500/ ielts 6)

Beberapa informasi beasiswa s1 tersebut, biasanya diselenggarakan rutin setiap tahun. Maka dari itu, Anda harus terus mencari informasinya agar tidak ketinggalan. Serta selalu persiapkan diri dan dokumen yang diperlukan, agar dapat memperbesar potensi Anda untuk lulus seleksi. Selalu ada jalan untuk orang yang mau berusaha, selamat mencoba!

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.