Artikel

Published on July 18th, 2018 | by Saiful Riza

0

Tips Agar Slide Presentasi Power Pointmu Makin Kece!

Microsoft power point merupakan software yang paling banyak digunakan untuk membuat slide presentasi. dengan bebarapa tips ini, kamu bisa memaksimalkan fungsi dari software tersebut. Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat tampilan presentasi power point lebih memukau. Simak beberapa tipsnya dibawah ini

Poin penting pertama untuk membuat slide presentasi yang menarik adalah pilihan dan kombinasi warna.

Pemilihan warna yang tepat akan membuat kesan yang nyaman dilihat oleh audience. Coba bandingkan gambar dibawah ini.

Terlihat bahwa walaupun desain slide A lebih sederhana, namun kesan yang ditampilkan lebih enak dipandang daripada slide B.

Pada Microsoft powerpoint terbaru, banyak pilihan kombinasi warna yang bisa kamu kreasikan untuk membuat slide yang keren. Contohnya disini.

Untuk melakukan kreasi kombinasi warna, kilik kanan area kosong pada slide dan pilih format background. Disini kamu bisa memilih jenis pewarnaan mulai dari satu warna, gradasi, hingga pola maupun foto.

Poin kedua adalah variasi jenis, tebal dan ukuran teks

Gunakan Imajinasimu untuk menghasilkan slide yang nyaman dilihat. Mainkan ukuran dan ketebalan untuk judul dan body teks nya. Gunakan font seperti Helvetica, DIN yang memiliki variasi pilihan normal, semi bold hingga bold.

Poin ketiga, mengenai perataan teks

Mulai pada penempatan judul (Title) yang diposisikan lebih ke kanan dan subtitle di bagian bawahnya. Penempatan isi materi bisa menyesuaikan pada banyak sedikitnya jumlah baris. Coba untuk berkreasi pada penempatan teks yang tidak mainstream.

Poin keempat adalah mengenai pemilihan gambar pendukung untuk slide presentasi.

Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam menempatkan gambar dalam slide presentasi power point

Pastikan memilih gambar yang relevan dengan tema presentasi. Missal presentasi kamu mengenai marketing, jangan menggunakan gambar dengan tema Teknik atau kesehatan.

Pilih gambar dengan resolusi yang cukup. Hindari gambar dengan resolusi kecil agar nyaman dilihat. Ukuran 1280 x 720 pixel sudah bagus untuk tampilan slide.

Usahakan untuk menempatkan gambar dengan ukuran yang proporsional. Dalam arti tidak gepeng ke samping ataupun keatas bawah

Poin kelima, mengenai jumlah baris dalam slide presentasi power point

Slide presentasi berfungsi untuk menjelaskan poin-poin penting dari materi yang kamu sampaikan. Hindari menulis sesuatu yang bukan merupakan poin penting dalam materimu. Cukup poin pentingnya saja. Mengenai jumlah baris dalam satu slide, enam baris sudah cukup banyak untuk membuat slidemu penuh.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar slide presentasimu makin berkesan di mata audience.

Semoga bermanfaat


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!