Tips Memilih Universitas yang Tepat

Memilih universitas untuk melanjutkan kuliah merupakan prioritas kedua setelah pemilihan jurusan kuliah. Tidak main-main, memilih universitas harus didasarkan pada beberapa kriteria yang memang sesuai dengan kondisi diri dan keluarga.

  1. Pilih Akreditasi Yang Kredibilitasnya Baik

Ketika kalian menentukan atau memilih universitas, kalian juga perlu meninjau bagaimana akreditasi dari universitas tersebut. Ya walaupun kuliah di universitas mana pun tujuan nya sama saja yaitu mendapatkan ijazah sarjana, tapi setidaknya cari universitas yang akreditasinya paling baik, setaraf dengan akreditasi A jika di Indonesia. Akreditasi ini menentukan kualitas pembelajaran yang diberikan, lho.

  1. Pilih universitas di kota yang kamu sukai

Intinya kalau memilih universitas di kota manapun yang kalian tuju, carilah universitas yang terbaik, yang memiliki kredibilitas baik serta memiliki jurusan yang kalian minati. Dan memiliki lingkungan belajar yang dapat menumbuh kembangkan semangat untuk kembali membangun negeri, ya!

  1. Lihatlah perkembangan jurusan yang kalian tuju

Jika memilih jurusan di suatu universitas jangan hanya ada atau tidaknya suatu jurusan yang kalian tuju tetapi pelajari lebih lanjut tentang perkembangan program studi tersebut di universitas itu, mulai dari cara belajar, sistem tugas, agenda-agenda penting yang mendukung kegiatan akademis, seminar dan lokakarya, praktikum, hingga fasilitas yang ditawarkan disana. Dalam hal ini memang harus jeli, untuk mendapatkan yang terbaik bagi perkuliahan yang akan kalian jalanin nantinya.

  1. Menyesuaikan biaya Tanpa Harus Mengurangi Kualitas

Baca Juga:

Untuk memilih universitas masalah biaya memang sangat penting sebagai bahan pertimbangan dalam memilih universitas. Apalagi, jika kalian membayar biaya perkuliahan secara mandiri. Biaya menjadi hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan, yang tentunya hal ini harus disesuaikan dengan anggaran yang kalain punya. Memang, nantinya kalian akan mendapatkan kesempatan untuk mencari beasiswa, tapi alangkah baiknya jika hal ini diantisipasi seawal mungkin agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Seperti Kalian hanya memilih universitas yang terfavorit saja, bukan yang terbaik. Rata-rata biayanya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan universitas bergengsi lainnya yang memiliki predikat terbaik.

Langkah kedua, kalian tetap memilih universitas yang terbaik dan berusaha keras untuk mendapatkan beasiswa dari dalam universitas. Ini sebuah pilihan yang jauh lebih baik ketimbang kalian harus menggugurkan niat untuk masuk ke universitas impian.

  1. Cari Kampus yang Punya Jaringan Luas

Ini adalah bagian dari kredibilitas kampus. Kalian perlu, mencari kampus yang punya banyak sekali jaringan perusahaan atau klien, baik itu di dalam maupun di luar negeri. Dengan begitu, kalian akan sangat terbantu dalam pengembangan karir, memperluas jaringan atau networking hingga mendapatkan banyak teman serta pengalaman yang luas sehingga membantu kamu untuk lebih pandai dan matang dalam menempatkan diri.

  1. Cari akomodasi yang diperlukan

Banyak mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar daerah asal mereka dan tinggal jauh dari orangtua. Jadi sangat penting untuk mempertimbangkan masalah akomodasi saat akan memilih universitas. Pastikan kalian mengetahui transportasi yang perlu digunakan, biaya hidup selama sebulan disana, sewa tempat tinggal, dan lain sebagainya.

  1. Komunitas di Dalam Universitas

Manusia adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan teman dan orang lain untuk berbagi dan berkumpul. Nah Komunitas lah salah satu tempat yang sangat tepat untuk berkumpul dengan orang-orang dengan latar belakang yang sama atau memiliki minat dan ketertarikan yang sama. cari tahu juga apakah di dalam universitas tersebut terdapat komunitas mahasiwa yang memiliki latar belakang daerah yang sama dengan kalian. Atau memiliki komunitas yang melakukan hal yang sangat kalian sukai, misalnya saja seni, jurnalistik, fotografi atau yang lainnya.

Memiliki komunitas dan lingkungan sosial di dalam kampus membuat kalian bisa belajar mengembangkan keterampilan sosial dengan baik. Keterampilan sosial dan keterlibatan dalam organisasi seperti inilah yang nantinya akan menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak pemberi kerja untuk merekrut kalian sebagai karyawan mereka.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.