Tips Cerdas Menulis Essay Beasiswa

Melamar beasiswa tidak sama seperti melamar pekerjaan. Ada satu keahlian yang wajib kamu kuasai, yaitu menulis essay. Menulis essay beasiswa juga tak semudah menulis cerpen, surat, atau artikel-artikel yang biasa kamu posting di blog pribadimu. Ada kaidah-kaidah yang perlu kamu pelajari, pahami, dan aplikasikan dalam menulis essay  beasiswa. Kebanyakan orang mengatakan, essay adalah satu komponen penting yang dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak penyelenggara beasiswa dalam menentukan diterima atau tidaknya pelamar.

            Nah, dibawah ini ada beberapa tips yang akan membantumu dalam menulis essay untuk melamar beasiswa. Pelajari dengan baik dan seksama, pahami benar-benar kalimatnya, kemudian aplikasikan.

  1. Temukan judul yang menarik

Memulai proses membuat essay yang baik adalah mencari topik yang menarik, lalu buatlah diri kamu menjadi orang yang expert dalam bidang yang kamu bahas. Bagaimana mengibaratkan kamu menjadi orang yang expert? Caranya cukup mudah, kunjungi perpustakaan dan cari bahan yang berkaitan dengan essay yang akan kamu buat. Namun, jangan lupa bawa buku catatan atau alat untuk mencatat agar apa yang sudah kamu temukan dapat dengan mudah ditulis.

  1. Analisis Pertanyaan essay

Pahami pertanyaan essay yang ditujukan dan kamu juga harus memahami mengapa mereka menanyakan hal tersebut. Dan ingat, jangan sampai menjiplak essay karya orang lain. Usahakan essay tersebut berdasarkan ide kamu sendiri. Kamu juga harus benar-benar menguasai isi dan tujuan essaymu.

  1. Buat outline

Kalau bisa buatlah outline atau sketsa sebelum menulis apa yang ingin kamu sampaikan untuk menjawab pertanyaan essay tersebut. Jelas secara mendetail tentang paragraf yang akan dibuat, serta buatlah poin-poin penting yang ada dalam paragraf tersebut. Lalu pertimbangkan ketika membuat catatan tentang bagaimana kamu akan memberi kata transisi di antara paragraf-paragraf. Kata transisi yang tepat akan membantu pembaca mengikuti dan memahami alur pikiran kamu, sehingga penting untuk melakukan ini dengan baik.

Baca Juga:
  1. Introduction

 

Cara yang selanjutnya adalah introduction atau pengenalan. Pengenalan di sini berisi tentang persoalan yang akan kamu bahas. Hal ini tidak mudah, karena kita harus berusaha membuat orang membaca. Sejatinya tidak semua orang suka membaca dan banyak orang yang hanya suka mengkritik tanpa memberikan solusi yang pasti.

  1. Paragraf

Sejatinya setiap paragraf harus memuat pin-poin yang sudah kita buat di outline, atau gambaran garis besar yang akan dibahas. Jadi, jika outline kita membahas A, maka kita harus selalu menjabarkan A, bukan malah menjabarkan B atau C. karena jika hal itu terjadi, maka para pembaca akan merasa bingung karena apa yang kita bahas tidak sesuai dengan judul sub pembahasan. Dan seharusnya dalam setiap paragraf yang kita bahas ada argumen kita, dan beberapa teori yang dapat menguatkan argumen kita. Darimana teori yang kita dapat. Ingat kembali cara yang sebelumnya, yaitu perpustakaan atau internet.

  1. Penutup

Jangan kamu kira bahwa penutup pada sebuah essay yang dibuat tidak penting. Karena, pada umumnya penutup dari sebuah essay adalah kesimpulan yang kamu buat untuk meyakinkan pembaca bahwa apa yang kamu buat adalah benar halnya, dan telah melakukan penelitian serta didukung dengan pndapat para ahli.

  1. Bahasa

Bahasa adalah cara pemersatu sebuah bangsa atau komunitas. Maka, seharusnya jika kamu akan membuat essay harus menggunakan bahasa yang banyak dipahami orang atau masyarakat. Karena, dengan begitu essay yang kita buat akan menjdi acuan bagi orang lain dalam membuat essay lainnya.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.

Leave A Reply

Your email address will not be published.