Artikel

Published on November 25th, 2017 | by Admin Seputar Kuliah

Panglima TNI ingatkan Mahasiswa Jangan Sebar Kebencian dan Berita Hoax!

Seputarkuliah.com Tak dapat dipungkiri, jika pesatnya perkembangan teknologi internet dan media sosial saat ini bisa menimbulkan atau dapat menjadi sebuah ancaman tersendiri di tengah kemajemukan sebuah negara. Hal ini amat sangat dikhawatirkan oleh sosok Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Ketika memberi materi kuliah tamu di UIN Maliki Malang baru-baru ini, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta kepada para mahasiswa untuk bisa bersikap bijak dalam menggunakan sumber internet dan media sosial yang ada. Pasalnya di Era perkembangan teknologi internet dan media sosial yang sangat pesat ini, bisa menjadi sebuah ancaman di tengah kemajemukan negara Indonesia.

Baca juga: Langkah menyelesaikan konflik secara efektif.

Ia pun menuturkan jika sedikit saja memberikan informasi yang salah kepada orang lain, bisa menimbulkan suatu potensi konflik. Lebih rincinya, ia meminta kepada para mahasiswa agar:

1. Tidak menyebarkan berita yang menimbulkan kemarahan.
2. Sebisa mungkin untuk double check, pastikan dulu dari sumber yang jelas. Cek di link lainnya misalkan.
3. Kalau ada berita yang mengandung ujaran kebencian ya jangan disebarkan. Cukup dibaca hapus saja linknya.

Ia juga meminta kepada kalangan akademisi untuk dapat menciptakan sebuah ketenangan dan kenyamanan di dalam masyarakat. Disamping itu juga, berusaha untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan.

Adapun menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, posisi Indonesia yang beragam suku, agama, budaya berbeda serta akan memasuki bonus demografi tiga tahun lagi, tak perlu untuk saling menjelekkan, mengirimkan berita hoax yang tentu saja bisa menimbulkan sebuah masalah, apalagi sampai memecah belah dan jadi malapetaka demografi.

Panglima pun mengajak untuk dapat membangun media sosial agar dapat menjadikan karakter manusia lebih inspiratif, berpikiran positif, membangun bangsa, serta menguatkan persatuan.

Tak ketinggalan pula, Pihaknya juga mengajak para mahasiswa untuk rajin belajar, berjuang, berinovasi, dan bekerja untuk Indonesia yang lebih baik lagi ke depannya.

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , , , , , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!