Kuliah Sambil Kerja, Bisa!

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk bekerja sambil belajar demi mendapatkan gelar pendidikan yang lebih tinggi. Tentu saja, keputusan tersebut diambil bukan tanpa alasan. Selain faktor ekonomi, masih ada faktor lain yang membuat seseorang memilih untuk bekerja sambil kuliah.

Meskipun pilihan tersebut cukup beresiko, namun jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips-tips bagaimana menyikapi kedua hal tersebut.

Peluang atau kebutuhan?

Pekerjaan yang ada di depan kamu rupanya menjanjikan gaji besar. Akan tetapi sayang, hal tersebut berbenturan dengan jadwal kuliahmu. Sebelum menentukan mana prioritasmu, cobalah memahami apakah saat ini kamu sedang mencari peluang atau justru kebutuhan?

Bila kamu merasa bahwa pekerjaan adalah peluang sedangkan kuliah merupakan kebutuhan, ini saatnya untuk kamu mengatur jadwal kegiatanmu dengan lebih cerdik lagi.

Kesulitan mengatur waktu

Stamina yang terkuras setelah bekerja seringkali mendatangkan rasa malas ketika dihadapkan dengan setumpuk tugas. Hal itu pun sering menjadi penyebab kesulitanmu dalam membagi waktu antara belajar dan bekerja.

Jika memang kamu tidak dapat berkompromi dengan waktu, cobalah untuk mencari pekerjaan yang tak terikat waktu (freelance). Atau, gunakan hari libur untuk fokus kepada satu hal, misalnya pelajaran. Gunakan waktu luang sebaik mungkin sehingga diantara kedua hal tersebut tidak ada yang terbengkalai.

Baca Juga:

Rasa malas

Terjebak dalam kenikmatan menghasilkan uang, perlahan akan membuatmu terlena. Kamu menjadi tidak fokus dan akhirnya malas untuk mengikuti pelajaran kuliah. Akan tetapi kamu tahu, keuntungan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi adalah investasi jangka panjang untuk kelangsungan karier di masa depan.

Stres dan rasa lelah memang enjadi resiko yang mesti kamu rasakan. Tapi percayalah, hasil akhir yang kamu dapat akan lebih indah dari semua penat yang saat ini kamu alami. Kuliah sambil kerja pasti bisa kamu lakukan asalkan kamu punya niat dan usaha untuk selalu hidup disiplin.

Kesiapan mental

Kuliah sambil kerja memang sangat mengurang waktu, tenaga, serta pikiran. Ditambah lagi kamu harus beradaptasi dengan dua lingkungan yang berbeda. Oleh karena itu, kesiapan mental harus benar-benar diutamakan. Berada dalam lingkungan yang tidak kita sukai, tentu akan menjadi beban tersendiri. Akan tetapi, bagaimana kita mampu untuk bertahan, kesiapan mental kamulah yang akan menentukan.

Senantiasa belajar

Keuntungan dari kuliah sambil kerja adalah kamu akan mendapat banyak pengalaman yang bisa dijadikan gambaran di waktu yang akan datang. Bagaimana dunia kerja dan bagaimana cara bergaul, hal itu akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.

Minimal, kamu menyadari bahwa tidak ada hidup yang bisa berjalan tanpa kita mau belajar. Mencari uang itu penting, tapi pendidikan tetap nomor satu. Ilmu bertahan hidup adalah mandiri dan senantiasa mampu untuk berjalan di atas kaki sendiri.

Semoa sukses! Sumber: gemintang.com

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
1 Comment
  1. […] Baca Juga : Kuliah sambil kerja, Bisa!!! […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.