Kuliah Kelas Karyawan, Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

 

Kuliah Kelas Karyawan bisa dijadikan solusi bagi Anda yang ingin melanjutkan studinya namun tidak ingin mengganggu jadwal kerjanya. Kelas karyawan tidak hanya untuk memperoleh gelar pendidikan yang lebih tinggi. Namun juga berguna untuk mengembangkan karir dalam dunia kerja melalui peningkatan pendidikan.

Pada umumnya keunggulan dari kelas karyawan yaitu waktunya yang cukup fleksibel. Sehingga dapat disesuaikan dengan jadwal kerja Anda. Karena mengingat kebutuhan jenjang karir terus meningkat dalam dunia kerja yang professional. Hal itu berbanding lurus dengan besaran pendapatan yang ditawarkan. Maka tidak ada pilihan lain, selain Anda harus kuliah lagi untuk memperoleh ijasah sarjana.

Hal yang Wajib Diketahui dari Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah bagi mereka yang sudah bekerja membutuhkan perlakuan khusus, khususnya masalah kurikulum. Hal ini hubungannya sangat erat dengan  masalah untuk menyesuaikan waktu untuk bekerja dan kapan harus hadir untuk mengikuti kuliah. Oleh karena itu, saat ini banyak Universitas yang menawarkan kelas untuk karyawan dengan fleksibilitas yang baik.

Baca Juga:
  1. Jam Kuliah Dapat Menyesuaikan

Ciri utama kelas karyawan yaitu waktu perkuliahannya yang bisa disesuaikan dengan jadwal mahasiswa yang kebanyakan sudah bekerja. Biasanya jadwal kuliahnya pada malam hari, jadwal efektif kuliah juga berbeda dengan kuliah reguler yang biasanya 5 hari dalam seminggu. Hal ini dimaksudkan agar jam perkuliahan dan jam untuk bekerja tidak bentrok.

  1. Materi Perkuliahan Disesuaikan Untuk Kebutuhan Dunia Kerja

Karyawan produktif akan membutuhkan pengetahuan dan keilmuan yang linear dengan dunia kerja. Oleh sebab itu, beberapa kampus menawarkan kelas karyawan dan biasanya memiliki materi yang dibutuhkan oleh seorang karyawan dalam dunia kerja.

Sebagai contoh, ilmu teknik dan rancang bangunan, manajemen, ekonomi dan berbagai jurusan yang langsung berhubungan dengan ilmu praktis atau terapan.

  1. Lama Studi Dapat Menyesuaikan

Kebanyakan orang mengambil keputusan untuk berkuliah di kelas karyawan karena dapat menyesuaikan dengan kebutuhan untuk jenjang karirnya yang lebih tinggi. Saat ini banyak kampus yang menawarkan kelas karyawan dengan program perkuliahan yang lebih singkat. Hal ini, tentunya berlaku bagi karyawan yang sebelumnya telah memiliki ijazah Diploma, baik Diploma I, II maupun Diploma III.

Tips yang Harus Diterapkan Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Untuk bisa sukses karena memiliki beban ganda yaitu di dunia perkuliahan dan dunia kerja, tentu saja Anda harus disiplin dan pintar dalam membagi waktu. Harus di sadari bahwa dengan adanya beban yang Anda ambil , maka proses yang dijalani tentu akan lebih berat.

Kalau biasanya Anda hanya memikirkan bagaimana menyelesaikan tugas di pekerjaan saja. Namun ketika mengambil keputusan untuk berkuliah, maka Anda memiliki tanggung jawab lain yaitu beban studi di perkuliahan yang wajib diselesaikan.

Agar kuliahnya bisa berjalan lancar dan pekerjaan juga tidak terlantar, maka Anda dapat menerapkan beberapa tips dibawah ini:

  1. Pihak Perusahaan Harus Tahu Jika Anda Sedang Mengambil Kuliah

Hal pertama, harus komunikasikan dengan perusahaan jika Anda sedang mengambil kuliah. Bisa langsung ke atasan atau lewat bagian kepegawaian (HRD) tempat Anda bekerja. Dengan mengkomunikasikan dengan baik, maka pihak perusahaan akan mendukung dan Anda akan mendapatkan dukungan secara maksimal.

Selain itu ada keuntungan lain, baik dari segi waktu maupun pembiayaan kuliah misalnya. Tentu saja Anda akan mendapatkan konpensasi dari pihak perusahaan. Kebanyakan, dari pihak perusahaan akan menambah kontrak kerjasama atau yang lainnya. Namun, hal ini merupakan sesuatu yang wajar untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

  1. Perhitungkan Biaya Kuliah

Sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah sambil bekerja, maka pertimbangkan terlebih dahulu biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai memotong terlalu banyak kebutuhan yang akhirnya kebutuhan pribadi dan kebutuhan kuliah menjadi terbengkelai.

Ada baiknya jika Anda mengajukan biasiswa dari perusahaan atau mengajukan untuk dukungan finansial.

  1. Atur Jadwal Kuliah

Cara yang selanjutnya yaitu mengatur jadwal kuliah agar tidak bertabrakan dengan jam kerja. Pilihlah kampus kelas karyawan yang dapat menyesuaikan dengan jadwal kerja, misalnya kuliah yang dilakukan sore atau malam hari.

Apabila ada jadwal kuliah yang bentrok dengan jadwal kerja, maka segera komunikasikan dengan pihak-pihak terkait.

  1. Pilih Jurusan yang Linear Dengan Profesi

Ketika memutuskan untuk melanjutkan kuliah dengan kelas karyawan, maka pilihlah jurusan yang linedar dengan profesi. Hal itu untuk mendukung dalam pengembangan karir Anda. Selain itu, maka perusahaan juga akan melihat potensi, sehingga Anda akan mendapat dukungan.

Perguruan Tinggi yang Membuka Program Kuliah Kelas Karyawan

  1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu Universitas tebaik di Indonesia yang menyediakan program kuliah karyawan. Bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah, namun Anda sudah bekerja maka kelas karyawan bisa menjadi pilihan terbaik.

Program studi yang ditawakan untuk kelas karyawan Fakultas Ekonomi yaitu Program studi manajemen dan akutansi. Fakultas Ilmu Kesehatan Msyarakat yaitu program studi kesehatan masyarakan dan Fakultas ilmu keperawatan yaitu program studi ilmu keperawatan.

  1. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana merupakan salah satu Universitas ternama yang membuka program kelas karyawan untuk jenjang pendidikan Sarjana (S1), Pascasarjana (S2, S3) dan program Pendidikan Profesi Akutansi (PPAk).

Program Studi untuk S1 antara lain, teknik elektro, teknik mesin, teknik industry, teknik arsitektur, teknik sipil, teknik informatika, akutansi, manajemen, sistem informatika, DKV, public relation, desain grafis dan multimedia. Waktu kuliah yaitu hari Senin sampai Jum’at, Jam 19.00-23.30 WIB.

  1. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul membuka program kelas karyawan, dengan jadwal kuliah yang beragam. Untuk pilihan waktunya, Anda dapat menyesuaikan sendiri. Untuk program kelas karyawan malam mulai dari hari Senin sampai Jum’at, mulai jam 19.00 -21.30 WIB dan ditambah dengan fasilitas e-Learning.

Untuk kelas Sabtu pagi mulai dari Jam 07.00-14.30 WIB ditambah fasilitas e-Learning dan untuk kelas Sabtu siang mulai dari jam 14.30-22.00 WIB juga ditambah dengan fasilitas e-Learning.

  1. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti membuka program kelas karyawan yaitu kelas regular sore. Kelas ini mungkin bisa dijaikan pilihan bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan jurusan hukum (S1) dengan waktu yang lebihfleksibel. Untuk biaya kuliah ditentukan flat Rp.100.000.000, dengan jadwal kuliah jam 17.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Sayangnya Universitas Negeri Jakarta belum menyediakan program kelas untuk karyawan maupun kelas ekstensi D3/S1. Universitas ini hanya membuka program kelas ekstensi D3/S1 hanya untuk para ahasiswa yang alih program saja.

Lulus kuliah kelas karyawan dengan nilai yang memuaskan dan tanggung jawab kerja tetap terjaga menjadi nilai plus bagi mereka yang memiliki peran ganda. Selain itu,  kesehatan dan kehidupan pribadi tidak terganggu yaitu salah satu fokus utama bagi mereka yang mengambil kuliah kelas karyawan.

Dari beberapa penjelasan mengenai kuliah kelas karyawan di atas dan beberapa Universitas menawarkan program kelas karyawan semoga menjadi referensi untuk Anda yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.