Karir

Published on December 8th, 2017 | by Admin Seputar Kuliah

Inilah 3 Tips Simpel tapi Ampuh untuk Mendapat Pekerjaan

Seputarkuliah.com – Tak dapat dipungkiri jika persaingan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan terbilang amat sangat menyulitkan. Walaupun latar belakang pendidikan tinggi sudah kamu jalani, surat lamaran dan CV sudah kamu poles sedemikian rapih, tapi tetap saja belum ada satu tempat kerja yang menghampiri. Tapi ingat! Usaha tak akan mengkhianati hasil. Tetaplah berjuang tanpa harus syirik pada orang. Tetaplah berdiri walau orang lain mencaci.

Nah, untuk kamu yang masih sulit bersaing dalam mencari pekerjaan, berikut dibawah ini “3 Tips Simpel tapi Ampuh untuk Mendapat Pekerjaan”

1. Kamu Perlu Memperluas Jaringan

Tak dapat dipungkiri jika saat ini banyak para pencari kerja memfokuskan diri hanya dari pencarian secara online saja, dengan cara berkunjung di situs-situs penyedia lowongan pekerjaan, semisal Jobstreet dll. Hal ini memang sangat penting dan jangkauannya sangat luas, namun kamu juga perlu memanfaatkan cara lainnya. Semisal kamu bersilaturahmi ke sahabat-sahabatmu atau seniormu sewaktu kuliah dulu, disana kamu bisa temu kangen sekaligus bertanya-tanya perihal masalah yang kau alami itu. Syukur-syukur teman atau seniormu itu sedang berada diposisi strategis dalam sebuah perusahaan, dan kamu bisa saja di ajak bergabung bersamanya.

Selain itu, kamu juga perlu mengikuti acara di luar sana atau pertemuan umum lainnya, hal ini agar semakin meningkatkan sekaligus memperluas jaringanmu.

2. Baca dan Cermati Lowongan yang Ada

Kamu perlu memperhatikan dengan cermat kualifikasi yang dicari oleh perusahaan, apakah sudah sesuai dengan latar belakang pendidikanmu, pengalamanmu, dll. Apabila memang sesuai dan sangat cocok buat kamu, langsung saja kirimkan CV/ surat lamaranmu. Akan tetapi jika belum sesuai dengan kriteria dan kemampuanmu, jangan mencoba paksakan diri untuk dapat melamar pekerjaan tersebut. Ada baiknya teruslah mencari yang sekiranya sesuai dan cocok dengan kualifikasi yang kamu punyai.

Baca juga: Kesuksesan lahir dari mimpi besar.

3. Perhatikan Surat Lamaran, lalu Kirimkan tanpa Beban

Sudah kamu pahami pastinya, jika surat lamaran merupakan langakah awal atau bisa jadi pembuka kunci masa depanmu dalam hal pekerjaan. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum kamu mengirimkan surat lamaran ke sebuah perusahaan yang kamu lirik, coba deh cek terlebih dahulu dan lebih teliti soal penulisan, nama dari pihak HRD yang dituju hingga nama dan alamat perusahaan yang kamu tuju itu. Mulailah langkah awal dengan segala kebaikan, jadilah profesional.

“Cobalah untuk menghindari kesalahan dalam penulisan nama, penulisan kata-kata dalam surat lamaran dan kesalahan-kesalahan lainnya, yang bisa jadi nantinya hanya akan mengurangi profesionalisme kamu sebagai kandidat terbaik”

Nah, itulah 3 tips simpel tapi ampuh untuk mendapat pekerjaan. Berjuanglah seolah perjuangan adalah segalanya. Berdoalah seolah perjuangan tak ada arti apa-apa tanpa doa. Semoga sukses 🙂

Teruskan informasi ini agar lebih bermanfaat, Bagikan ke media sosial favoritmu di bawah ini:

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑

error: Content is protected !!