IELTS itu Apa Sih?

Tentu kamu pernah dengar soal IELTS, dong? Apalagi dengan adanya peningkatan penggunaan bahasa Inggris: berita soal IELTS pastilah menjadi familiar di telingamu. Namun, sudahkah kamu benar-benar memahami, apa yang dimaksud dengan IELTS?

IELTS merupakan kepanjangan dari International English Language Testing System, yang berbasis British English. Tes IELTS dimiliki bersama oleh tiga organisasi yang dikenal sebagai mitra tes IELTS. Di samping IDP:IELTS Australia, mitra pemilik lainnya adalah the British Council dan Cambridge English Language Assessment. Tes ini merupakan tes bahasa Inggris yang umum dipakai untuk menerima mahasiswa baru di universitas di Australia, Selandia Baru, Inggris, bahkan semakin banyak pula digunakan di Amerika Serikat.

Secara umum, tes ini diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu: Listening (Mendengar), Reading (Membaca), Writing (Menulis), dan Speaking (Berbicara). Kamu akan melaksanakan tes Mendengar, Membaca, dan Menulis secara berurutan di hari yang sama. Sementara itu, tes Berbicara bisa saja dilaksanakan pada hari yang sama dengan tiga tes lainnya, atau mungkin tujuh hari sebelum atau setelahnya, tergantung ketentuan pelaksana tes. Total waktu yang dibutuhkan dalam tes IELTS adalah kurang dari tiga jam.

Baca Juga:

Secara garis besar, IELTS memiliki 2 tipe tes, yaitu General Training dan Academic. Hmm, kira-kira yang mana yang perlu kamu ambil untuk kuliah ke luar negeri, hayo?

Sebagai tes kemampuan bahasa Inggris, IELTS dinilai penting menjadi syarat yang harus dilengkapi seseorang dalam mendaftar kerja dan, tentu saja, berkuliah, khususnya ke luar negeri! Dalam proses seleksi jika kamu tertarik kuliah ke luar negeri, nilai IELTS bisa jadi sangat penting karena akan mengukur kemampuan dan kesiapanmu menghadapi proses akademik berbahasa Inggris.

Lalu sekarang, sudahkah kamu merasa mantap akan nilai IELTS-mu?

Comments