Daftar Jurusan Kuliah

Jurusan Kuliah yang Tepat dan Cermat? Berikut Tips Memilihnya

Bagi siswa SMA/SMK atupun sederajat yang saat ini sudah duduk di kelas XII pasti mulai memikirkan studi lanjutan ke perguruan tinggi. Meskipun memang tidak semua lulusan akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, namun bagi siswa yang akan melanjutkan kuliah pasti sudah mulai merencanakan untuk memilih jurusan kuliah. Sebab merencanakan kuliah sejak jauh-jauh hari akan membuat persiapan semakin matang dan tentunya tidak salah memilih jurusan di Perguruan Tinggi. Dalam memilih jurusan di perguruan tinggi memang tidak boleh asal sehingga perlu cermat agar mendapatkan pilihan jurusan yang tepat.

Tips Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Ketika akan memasuki jenjang perguruan tinggi, pasti akan muncul rasa senang dan antusias dari para siswa kelas XII. Namun tak bisa dipungkiri pasti akan muncul juga rasa galau dan bingung memilih jurusan yang sesuai dan tepat dengan bakat dan minat anda. Sebetulnya rasa galau memilih jurusan merupakan hal yang wajar dialami oleh siapapun yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi. Terlebih jurusan tersebut nantinya berkaitan dengan karier di masa depan. Tak perlu khawatir untuk membantu anda memilih jurusan kuliah terbaik maka berikut akan diberikan beberapa tipsnya.

  1. Menyesuaikan dengan Minat

    Ketika akan memilih jurusan di Perguruan Tinggi maka hal pertama yang bisa anda perhatikan yaitu menyesuaikan jurusan dengan minat serta passion anda. Hindari terbawa arus ikut-ikutan teman tetapi anda tidak tahu prospek jurusan tersebut dan apakah sesuai dengan minat anda. Dengan memilih jurusan kuliah sesuai keinginan maka saat kuliah nanti anda akan merasa senang menjalaninya sehingga memang harus dipikirkan secara matang.

  2. Potensi Diri

    Selama ini mungkin banyak siswa yang cenderung memilih jurusan karena jurusan tersebut favorit. Padahal jurusan tersebut belum tentu sesuai dengan potensi diri anda. Supaya anda tidak mudah terjebak asal memilih jurusan kuliah maka silakan ketahui bakat dan potensi dari dalam diri anda. Caranya dengan mengikuti tes bakat minat terlebih dahulu yang biasanya juga diselenggarakan oleh pihak sekolah. Dengan memilih jurusan sesuai potensi diri maka anda bisa lebih mudah saat menjalani kuliah.

  3. Jangan Mudah Ikut-Ikutan Orang Lain

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ketika memilih jurusan sebaiknya jangan hanya ikut-ikutan teman ataupun orang-orang terdekat anda. Sebab perkualihan akan sukses jika anda memilih jurusan sesuai minat dan kemampuan anda. Sehingga sebaiknya silakan pilih jurusan sesuai keinginan pribadi dan memang anda menyukai jurusan tersebut.

  4. Mencari Informasi Beberapa Universitas

    Ketika akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pastinya anda sudah mencari informasi mengenai kampus yang anda inginkan tersebut termasuk jurusan-jurusannya. Selain itu carilah referensi lain dengan bereksplorasi pada kampus-kampus sejenis. Hal ini untuk menghindari terjadi kenyataan yang tidak sesuai harapan.

  5. Peluang Kerja

    Ketika memilih jurusan kuliah terfavorit sebaiknya pertimbangkan juga mengenai karier atau peluang kerjanya di masa depan. Sebab anda harus memiliki gambaran dari jurusan tersebut dan masa depan dalam berkarier nantinya sesudah lulus kuliah. Carilah jurusan yang berpeluang tren serta sedang berkembang saat ini sehingga sebaiknya pilih kampus yang bekerja sama dengan perusahaan ternama.

  6. Biaya Kuliah

    Ketika memilih jurusan di perguruan tinggi sebaiknya pertimbangkan juga biaya kuliahnya. Sebab jurusan kuliah juga berkaitan dengan biaya kuliahnya. Sehingga anda sangat perlu mempertimbangkan jurusan kuliah dan kemampuan anda membayar biaya kuliah tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai tips memilih jurusan kuliah yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Melalui informasi di atas kini anda bisa lebih mudah dalam memilih jurusan di perguruan tinggi dengan hasil yang tepat dan terbaik untuk masa depan karier anda.

Berikut daftar ulasan jurusan seputar kuliah semua cabang ilmu:

MATEMATIKA & IPA
Matematika
Fisika
Kimia
Biologi
Geografi
Geofisika
Geologi
Astronomi
Statistika

TEKNIK
Teknik Metalurgi dan Material
Teknik Mesin
Teknik Perkapalan
Teknik Komputer
Teknik Geologi
Teknik Kimia
Teknik Bioproses
Teknik Sipil
Teknik Lingkungan
Teknik Kelautan
Teknik Industri
Teknik Elektro
Teknik Perminyakan
Arstektur
Arsitektur Interior
Transportasi Laut
Teknin Informatika
Sistem Informasi

KESEHATAN
Pendidikan Dokter
Pendidikan Dokter Gigi
Farmasi
Kesehatan Masyarakat
Ilmu Gizi
Keperawatan
Kebidanan
Kedokteran Hewan

EKONOMIKA & BISNIS
Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi Islam
Bisnis Islam
Akuntansi
Manajemen

ILMU SOSIAL & POLITIK
Ilmu Hukum
Kriminologi
Sosiologi
Kesejahteraan Sosial
Antropologi Sosial
Ilmu Komunikasi
Ilmu Politik
Ilmu Hubungan Internasional
Ilmu Pemerintahan
Psikologi

ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
Sastra Arab
Sastra Jepang
Sastra Cina
Sastra Jawa
Bahasa dan Kebudayaan Korea
Sastra Indonesia
Sasra Inggris
Sastra Belanda
Sastra Perancis
Sastra Jerman
Sastra Rusia
Arkeologi
Ilmu Sejarah
Filsafat
Ilmu Perpustakaan

PENDIDIKAN
PGSD
PGPAUD

SENI
Seni Rupa
Seni Kriya
Desain Komunikasi Visual
Desain Produk

ILMU ADMINISTRASI
Administrasi Niaga (Bisnis)
Administrasi Fiskal
Administrasi Negara
Ilmu Perpustakaan

PERTANIAN
Agribisnis
Teknologi Hasil Pertanian
Agroteknologi
Perikanan
Ilmu Tanah

 

Daftar jurusan tersebut akan terus diperbaharui seiring berjalannya waktu. Bagi mahasiswa atau alumni yang berminat untuk menulis artikel tentang Jurusan Kuliah, bisa mengirikan email ke official@seputarkuliah.com

Terima kasih, semoga bermanfaat.