Beasiswa

Published on September 17th, 2018 | by Saiful Riza

0

Beasiswa KGSP 2019

Kali ini seputarkuliah.com akan memberikan informasi mengenai beasiswa KGSP. Korean Government Scholarship Program (KGSP) merupakan beasiswa yang rutin dibuka setiap tahun oleh pemerintah korea. Tahun ini, beasiswa KGSP membuka kesempatan untuk lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang diploma atau sarjana di universitas-universitas Korea.

Khusus untuk pelamar beasiswa dari Indonesia, terdapat 3 macam beasiswa KGSP 2019 yang bisa menjadi pilihan. Antara lain beasiswa diploma (setara D2), beasiswa S1 khusus jurusan natural science dan engineering, dan beasiswa S1 via Kedubes Korea di Jakarta. Durasi waktu untuk program diploma sekitar 2 tahun sedangkan S1 berdurasi 4 tahun. Sebelumnya terlebih dahulu akan melaksanakan kursus bagasa korea selama 1 tahun. Sehingga total durasi studi untuk diploma 3 tahun dan S1 5 tahun.

Kuota sebanyak 20 beasiswa disediakan pada beasiswa diploma (associate degree) dan terbuka untuk negara-negara anggota ODA. Sementara, beasiswa S1 khusus jurusan natural science dan engineering tersedia 25 beasiswa dan terbuka untuk pelamar dari 67 negara. Pendaftaran kedua beasiswa tersebut diajukan langsung ke universitas yang ada di Korea.

Untuk beasiswa S1 via Kedubes Korea, ada 3 kuota beasiswa disediakan untuk Indonesia. Pendaftarannya melalui Kedubes Korea di Jakarta.

Cakupan beasiswa ini antara lain tanggungan penuh biaya Pendidikan, tunjangan hidup bulanan, tunjangan kedatangan dan pemulangan, biaya kursus bahasa korea, tiket pesawat, asuransi kesehatan dll.

Persyaratan:
1. Merupakan warganegara dari negara yang ditawarkan beasiswa (salah satunya Indonesia)
2. Berusia di bawah 25 tahun per 1 Maret 2018 (Lahir setelah 1 Maret 1993)
3. Sehat jasmani dan rohani
4. Telah lulus atau akan lulus SMA/sederajat per 1 Maret 2018 (tidak memenuhi syarat bagi mereka yang telah mengambil pendidikan sarjana/pendidikan tinggi)
5. › Memiliki nilai rata-rata kumulatif di atas 75 persen (dari 100 persen) atau berada dalam peringkat 25 persen terbaik selama SMA/sedarajat (untuk diploma)
› Memiliki nilai rata-rata komulatif 80 persen (dari 100 persen) atau berada dalam peringkat 20 persen terbaik selama SMA/sederajat (untuk sarjana)
6. › Bersedia mencari pekerjaan pada profesi terkait setelah mendapat gelar (diploma)
› Belum pernah menerima beasiswa dari pemerintah Korea sebelumnya (sarjana)
7. Tidak memiliki keterbatasan dalam berpergian ke luar negeri
8. Lebih diutamakan untuk pelamar yang memiliki kemampuan bahasa Korea atau Inggris
9. Pelamar hanya boleh mendaftar satu universitas

Daftar Universitas yang bisa dipilih bisa dilihat disini

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi yang telah diisi (form 1) (Unduh)
2. Janji NIIED (form 2)
3. Personal statement (form 3)
4. Rencana studi (form 4)
5. Dua surat rekomendasi, bisa dari kepala sekolah, guru, atau pembimbing (form 5)
6. Penilaian kesehatan diri (form 6)
7. Salinan ijazah SMA/sederajat atau keterangan lulus sementara
8. Salinan transkrip nilai
9. Bukti kewarganegaraan pemohon dan orang tua (contoh: akte kelahiran, kartu keluarga, paspor orang tua)
10. Penghargaan (opsional)
11. Salinan sertifikat kemampuan bahasa Korea (TOPIX) atau Inggris (TOEFL, TOEIC, atau IELTS)
12. Surat keterangan sehat dari dokter (form 7, khusus kandidat yang telah melewati seleksi putaran kedua)
13. Salinan paspor pemohon (khusus kandidat yang sudah melewati seleksi putaran kedua)

Tata Cara Pendaftaran:
▪ Associate degree (diploma)
Pendaftaran beasiswa dilakukan di masing-masing universitas (September s/d Oktober 2018). Pelamar harus memahami instruksi pendaftaran beasiswa tersebut di laman web universitas pilihan termasuk mengajukan dokumen aplikasi di atas. Pelamar hanya boleh mengajukan pada satu universitas saja. Panduannya tertera bersama formulir aplikasi beasiswa associate degree KGSP. Deadline pendaftaran ditentukan oleh masing-masing universitas.

▪ Sarjana (S1) Jurusan Science dan Engineering
Siapkan dokumen aplikasi yang dibutuhkan lalu ajukan ke universitas Korea pilihan kalian. Bisa dicek langsung pada website universitasnya. Petunjuk lebih lanjut juga tertera di formulir aplikasi beasiswa S1 jurusan Science dan engineering KGSP.

▪ Sarjana (S1) via Kedubes Korea
Siapkan dokumen aplikasi yang dibutuhkan bersama formulir aplikasi yang diminta. Pada tahap awal, dokumen yang perlu dikirimkan cukup poin 1 s/d 11. Buat satu rangkap (asli/legalisir). Khusus untuk Surat Rekomendasi butuh 8 (delapan) lembar original.

Dokumen diterjemahkan ke dalam bahasa Korea atau Inggris jika menggunakan bahasa Indonesia. Terjemahan resmi disahkan oleh notaris.

Selanjutnya surat rekomendasi dimasukkan ke dalam amplop terutup oleh pemberi rekomendasi dan dialamatkan ke Kedutaan Besar Korea. Seluru dokumen yang diminta harus disusun sesuai dengan checklist dan tidak boleh memakai clear file.

Kirimkan dokumen aplikasi beasiswa di atas via pos ke alamat:

Kedutaan Besar Korea,
Jl. Gatot Subroto Kav. 57
Jakarta 12950

Berikan Keterangan “KGSP” pada amplop. Aplikasi paling lambat diterima 28 September 2018. Khusus pendaftaran beasiswa S1 melalui Kedubes Korea ini, pelamar memilih 3 universitas dan 3 jurusan berbeda.

Apabila terdapat pertanyaan dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi: 021-2967-2555 atau melalui laman Kedubes Korea (idn.mofa.go.kr).

Selamat Berjuang!

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!