6 Aplikasi Game Pendidikan Terbaik

Anak-anak akan lebih semangat jika pembelajaran mereka menyenangkan serta diiringi dengan permainan, karena cukup mudah memahami materi pembelajaran. Langkah yang cukup efektif yaitu menggunakan aplikasi game pendidikan di smartphone.

Apa Itu Aplikasi Game Pendidikan?

Adanya aplikasi game di smartphone ini menjadi sebuah terobosan baru dalam rangka memudahkan belajar anak. Pengguna dapat mengaksesnya secara gratis, tetapi ada juga yang berbayar dengan menawarkan fitur lebih banyak dan legkap.

Di sana, pengguna akan disuguhi permainan edukasi. Di sisi lain, mereka sebenarnya dituntun untuk mempelajari sesuatu. Namun, hal tersebut disajikan melalui sebuah game dalam aplikasi smartphone. Ini bertujuan agar peserta didik tidak merasa bosan dan lebih menyenangkan saat belajar.

Di samping itu, terobosan semacam ini juga lebih efektif serta efisien. Ini karena orang tua bisa secara langsung mengawasi penggunaan gadget putra-putri mereka untuk hal-hal bermaanfaat seperti belajar. Jadi, tidak ada salahnya jika mencoba untuk download aplikasi game pendidikan.

Aplikasi Game Pendidikan Terbaik

Berikut ini akan dipaparkan tentang contoh-contoh game edukasi berbasis smartphone untuk bisa menjadi gambaran serta rekomendasi untukmu jika tertarik menggunakanya. Apa saja?

1. Kahoot!

Kahoot! Merupakan aplikasi edukatif dengan mode kuis dan game. Biasanya, saat pertama kali membukanya, Kamu akan secara otomatis bisa membuat soal sesuai dengan keinginan sendiri. Namun, harus melalui pendaftaran terlebih dahulu.

Dalam proses pembuatan kuis, Kamu dapat menambahkan soal, alternatif jawaban, menentukan jawaban yang benar dan pengaturan lainya. Setelah semuanya dirasa telah selesai, permainanya sudah bisa langsung dimulai.

2. Word Game Flashcard

Word Game Flashcard merupakan sebuah permainan dengan konten edukasi untuk belajar bahasa Inggris. Untuk diketahui, materi dari permainan ini diambil dari Oxford University Press. Sehingga terjamin keabsahannya.

Di samping itu, permainan ini juga memberikan materi pada siswa untuk belajar listening (mendengarkan) cara pengucapan bahasa Inggris dari penutur aslinya. Tertarik mencobanya? Silakan download sekarang juga!

3. Rosetta Stone

Belajar grammar akan terasa mudah melalui aplikasi belajar Bahasa Inggris Rosetta Stone. Ia hadir dengan tampilan yang sederhana dan didukung oleh ribuan kata guna menambah wawasan vocabularymu.

Aplikasi ini memberikan beberapa aktivitas bagi penggunanya, seperti membuat rangkaian kata dan mengubahnya. Selain pembelajaran bahasa Inggris, Rosetta Stone juga menyiapkan materi belajar lain, seperti Perancis, Jerman dan 20 bahasa lainnya.

4. Math Duel

Kamu bisa memilih game Math Duel dimana pemain akan langsung berhadapan dengan lawan yang juga jago dalam menyelesaikan matematika. Aplikasi ini menampilkan sebuah animasi mencakup dua bagian.

Bagian pertama, seolah-olah adalah mempersilakan Kamu untuk menyelesaikan soal matematika. Sedangkan yang kedua, merupakan bagian wilayah lawan. Jangan takut kalah, soal yang diberikan cenderung sederhana namun akan sangat menantang.

5. Math VS Undead

Game ini memiliki konsep cukup menarik, sehingga anak-anak akan merasa senang. Math VS Undead menampilkan grafis animasi kartun yang sangat familiar dan digemari. Di sini pemain harus cepat menyelesaikan soal-soal matematika.

Jika Kamu gagal, banyak zombie akan datang untuk melawanmu. Tidak terlalu sulit dan memang cocok untuk anak-anak, soal yang diberikan pun seputar mengenai penjumlahan, pengurangan, pembagian juga perkalian.

6. Kid Maths – Mobiloid

Kids Math menampilkan permainan berkonsep berhitung matematika dengan animasi- kartun. Soal-soal yang disajikanya sangat dasar, sehingga diketahui oleh anak-anak meliputi penambahan, pengurangan, perkalian juga pembagian.

Demikianlah ulasan tentang aplikasi game pendidikan dari Indonesia maupun Luar Negeri. Semoga hal tersebut dapat memudahkan belajarmu dan menjadi referensi memilih bantuan melalui smartphone dalam pembelajaran.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

x