Artikel

Published on May 7th, 2018 | by Admin Seputar Kuliah

1

7 Website Ini Bakal Membantu Selesaikan Skripsi Kamu

Seorang mahasiswa tingkat akhir pasti akan merasakan membuat sebuah skripsi sebagai syarat wajib untuk menyelesaikan perkuliahannya. Namun, proses pengerjaan skripsi tidaklah mudah, bahkan ada beberapa mahasiswa yang akhirnya menunda prosesnya karena merasa buntu.

Salah satu hal yang membuat para mahasiswa tumbang ketika mengerjakan skripsi adalah mencari sumber-sumber untuk isi skripsinya. Tapi, ternyata di zaman yang teknologinya sudah maju ini, banyak website-website yang bisa membantu kamu dalam penelitian skripsi kamu lho!

7 Website Ini Bakal Membantu Selesaikan Skripsi Kamu

Di artikel kali ini, JalanTikus akan berbagi ke kamu yang lagi menunda skripsi karena lagi menemukan jalan buntu di penelitiannya. Langsung simak aja ya!

1. Google Scholar

Google-Scholar

Layanan yang diluncurkan tahun 2004 ini mempunyai banyak jurnal-jurnal online dan publikasi ilmiah yang cukup lengkap. Jika kamu sedang mencari jurnal dan materi teks, kamu bisa langsung mengunjungi situs ini. Karena lewat Google Scholar, kamu akan lebih mudah mengutip sebuah publikasi dalam berbagai macam jenis citansi.

2. Microsoft Academic

Microsoft-Academic

Microsoft Academic adalah mesin pencari referensi penelitian dalam format publikasi. Yang membuat layanan ini lebih praktis adalah fitur filter ketika mencari sumber penelitian. berdasarkan penulis ataupun afiliasi. Karna fitur inilah, layanan keluaran Microsoft ini bisa dibilang lebih efektif dibandingkan Google Scholar.

3. Academia

Academia

Situs yang satu ini memang sangat populer di kalangan para mahasiswa karna mempunyai fitur sejenis sosial media yang digunakan untuk sharing penelitian. Lewat situs ini, kamu bisa langsung bertanya kepada si pemilik jurnal untuk meminta saran dan komentar. Inget ya temen-temen, hanya tanya-tanya seputar penelitian saja lho! Jangan minta dibuatkan penilitiannya!

4. Indonesian Publication Index

IPI

Sebenarnya, situs yang satu ini memang cendrung mirip ke Google Scholar dan Microsoft Academic. Yang membedakan antara situs ini dengan dua situs keluaran Google dan Microsoft adalah bahasanya yang menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, buat kamu yang bahasa Inggrisnya kurang baik, mungkin situs yang satu ini cocok banget buat kamu.

5. Library Genesis

Library-Genesis

Library Genesis adalah salah satu situs yang menyediakan buku digital terlengkap yang ada di jagat maya. Segala macam buku dari format pdf, mobi, sampai ePub pun tersedia di situs ini. Jadi, jika kamu sedang mencari referensi buku untuk skripsi, kamu bisa langsung mampir ke situs ini.

6. e-Resources Perpusnas

e-Resources-Perpusnas

Layanan yang satu ini adalah layanan yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional RI lho. Situs ini mempunyai koleksi yang lumayan lengkap dan bisa kamu download secara gratis. Jadi, kamu ngga perlu repot-repot lagi pergi ke perpusataan nasional yang ada di sekitaran Jl. Merdeka, Jakarta buat meminjam buku yang bisa membantu skripsi kamu.

7. Wiley Online Library

Wiley-Online-Library

Situs yang satu ini mempunyai ratusan 6 juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online, dan ratusan ribu referensi. Dengan jumlah segitu, situs ini jadi salah satu situs online library terlengkap sejagat. Yang menyenangkan dari situs ini adalah, beberapa dokumen yang ada di Wiley Online Library dapat di-download secara gratis.

Nah, itulah beberapa situs yang bakal ngebantu kamu untuk menyelesaikan skripsi kamu. Yaudah, jangan males-males lagi ya ngerjainnya. Source: Jalantikus.com


About the Author



One Response to 7 Website Ini Bakal Membantu Selesaikan Skripsi Kamu

  1. Pingback: 12 Hal Ini Bikin Skripsimu Selalu Lancar. Coba Praktikkan Saat Kamu Macet di Tengah Jalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

error: Content is protected !!